DPR: Hubungan KSAD Dudung dengan Panglima TNI Baik-baik Saja

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan hubungannya dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tak ada masalah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid yang menerima penjelasan langsung dari Dudung usai rapat kemarin.

“Beliau [Dudung] menyampaikan hubungan dengan Panglima Andika baik-baik saja dan di kala mana diperlukan penjelasan mengenai isu-isu aktual bersama Panglima TNI dan jajaran kepala staf dalam kesempatan berikutnya beliau akan hadir,” kata Meutya lewat keterangan tertulis, Selasa (6/9).

Diketahui, Dudung tidak hadir dalam rapat kerja Komisi I DPR bersama Panglima TNI, KSAD, KSAL, dan KSAU. Namun, kata Meutya, Dudung mengaku akan menghadiri rapat berikutnya jika diperlukan.

“Beliau minta maaf tidak dapat hadir, menjelaskan ketidakhadirannya semata karena ada urgensi beliau harus berangkat ke Lampung,” ujarnya.

Lebih jauh, Meutya meminta isu keretakan hubungan antara Panglima dan KSAD tak lagi diperpanjang. Terlebih keduanya telah memberikan klarifikasi tidak memiliki masalah.

Ia mengungkap isu disharmoni relasi pimpinan TNI ini bisa berimbas pada prajurit jika dibiarkan berkembang liar.

“Kalau hubungan terlalu pribadi kita tidak mengurus sampai terlalu detail ya, yang utama hubungan profesional keduanya berjalan baik. Panglima serta KSAD telah menjelaskan bahwa tidak ada masalah dari keduanya. Seluruh matra di TNI Insyaallah solid,” kata Meutya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon menyentil Dudung yang tidak hadir dalam Rapat Komisi I DPR dengan Menhan dan Panglima TNI beserta KSAD, KSAL dan KSAU.

Effendi mempersoalkan hal itu karena publik menyoroti hubungan Andika dan Dudung yang sedang tidak harmonis.

“Apa, sih, yang kemudian dipertahankan? Ego. Ego bapak berdua itu merusak tatanan hubungan senior dan junior di TNI, pak,” kata Effendi.

Andika kemudian mengklarifikasi isu hubungannya dengan Dudung. Ia menepis isu tak harmonis tersebut. Jenderal bintang empat itu mengaku hanya menjalankan tugas sesuai peraturan.

“Ya dari saya tidak ada, karena semua yang berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tetap berlaku selama ini. Jadi tidak ada kemudian yang berbeda [relasinya],” ujar Andika.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *