Presiden Filipina Marcos Jr Jadikan Indonesia Tujuan Pertama Dinas LN

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, Ibu Negara Marie Louise Araneta Marcos, di Istana Kepresidenan Bogor hari ini, Senin (5/9).

Dilansir Reuters, ini merupakan lawatan perdana Marcos Jr ke Indonesia sejak dilantik sebagai Presiden Filipina pada Juni lalu. Marcos Jr juga menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertama dinas luar negerinya sebagai presiden.

Marcos tiba di Jakarta pada Minggu (4/9) malam. Jokowi menyambut kedatangan Marcos Jr, istri, dan rombongan menterinya di Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB.

Setibanya di halaman Istana Bogor, Marcos Jr dan istri disambut Jokowi dan Iriana Joko Widodo lengkap dengan upacara kenegaraan. Kedua pasangan itu lalu saling menyapa dan berbincang sebentar seraya berjalan ke arah teras Istana.

Jokowi dan Iriana lalu terlihat mengajak Marcos Jr dan istrinya menanam pohon kayu ulin atau kayu besi di halaman istana.

Kayu ulin sendiri dikenal merupakan salah satu kayu terkuat di hutan Kalimantan.

Pohon ini terkenal di Kalimantan Timur, dan memiliki ciri kayu yang keras, gelap, pun tahan dengan air laut.

Penanaman pohon ini diharapkan mampu menambah flora yang ada di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam kunjungannya hari ini, Marcos Jr dan Louise Araneta didampingi sejumlah menterinya. Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi.

Sebelum berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, rombongan Marcos Jr terlebih dahulu pergi ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk melaksanakan upacara peletakan karangan bunga.

Turut hadir dalam penyambutan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Duta Besar RI untuk Filipina Agus Widjojo dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani juga hadir dalam penyambutan tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *