Tok! Kabinet Jepang Resmi Dirombak

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida merombak kabinetnya pada hari ini, Rabu, 10 Agustus 2022. Langkah ini diambil setelah penurunan peringkat popularitasnya, menggantikan saudara laki-laki mantan PM Shinzo Abe, sebagai menteri pertahanan.

Fumio Kishida memimpin partainya yang berkuasa meraih kemenangan dalam pemilihan majelis tinggi bulan lalu. Pemungutan suara dilakukan beberapa hari setelah Abe ditembak mati oleh seorang pria yang membenci kelompok agama Gereja Unifikasi.

Sejak itu, publik meneliti hubungan gereja dengan politisi Jepang dan penanganan ekonomi Kishida. Akibatnya, peringkat persetujuan untuk pemerintah menurun.

Peringkat persetujuan turun 13 poin persentase dalam tiga minggu menjadi 46 persen, berdasarkan jajak pendapat NHK. Sementara survei lain oleh harian Yomiuri Shimbun menunjukkan penurunan delapan poin dari Juli menjadi 57 persen.

“Veteran politik Yasukazu Hamada diangkat menjadi menteri pertahanan,” demikian dikutip dari Channel News Asia.

Peran kunci yang diberikan, janji Kishida untuk meningkatkan anggaran pertahanan untuk melawan ancaman yang berkembang dari Tiongkok dan Korea Utara.

Hamada, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri pertahanan dari 2008-2009, menggantikan saudara laki-laki Abe, Nobuo Kishi, yang kesehatannya memburuk telah menimbulkan kekhawatiran.

Kishi juga baru-baru ini bersumpah untuk meninjau secara menyeluruh hubungannya dengan Gereja Unifikasi, setelah mengakui bahwa anggota gereja telah melayani sebagai sukarelawan kampanye.

Sejak kematian Abe sebulan yang lalu, media Jepang telah mengungkapkan bahwa banyak anggota parlemen yang berkuasa – terutama yang berada di faksi Abe – menerima bantuan serupa dari anggota Gereja Unifikasi. Hal ini, menurut kelompok itu hanya dilakukan oleh para pengikut sebagai warga negara.

Organisasi yang didirikan di Korea pada 1954, yang pengikutnya dikenal sebagai “Moonies”, telah mengonfirmasi bahwa ibu dari pria yang diduga membunuh Abe adalah anggotanya.

Dia dilaporkan menyatakan kebangkrutan setelah memberikan sumbangan sekitar 100 juta yen ke gereja.

Publik juga terpecah atas keputusan Kishida untuk mengadakan pemakaman kenegaraan untuk Abe, perdana menteri terlama di Jepang yang sikap nasionalisnya dianggap memecah belah.

Juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno membacakan daftar anggota kabinet baru termasuk Katsunobu Kato, yang menjabat sebagai menteri kesehatan di bawah Abe dan kembali menjadi kepala kementerian.

Tokoh flamboyan Taro Kono, yang juga memegang beberapa jabatan menteri tingkat tinggi, diangkat sebagai menteri urusan digital. Ia ditugaskan untuk memindahkan lebih banyak sistem analog Jepang ke arah online.

Sanae Takaichi, yang dikenal karena pandangannya yang hawkish, adalah menteri keamanan ekonomi yang baru. Menteri luar negeri dan keuangan saat ini akan tetap di tempatnya.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *