Data Pertumbuhan Ekonomi RI Angkat Rupiah ke Rp14.866

Nilai tukar rupiah bertengger di level Rp14.866 per dolar AS pada Selasa (9/8). Mata uang menguat 10 poin atau 0,07 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia tampak menguat. Won Korea Selatan menguat 0,39 persen, bath Thailand menguat 0,52 persen, peso Filipina menguat 0,13 persen, yuan China menguat 0,16 persen, ringgit Malaysia menguat 0,02 persen. Sedangkan, dolar Singapura terpantau melemah 0,03 persen di perdagangan pagi ini.

Selanjutnya, mayoritas mata uang utama di negara maju kompak di zona merah. Euro Eropa melemah 0,05 persen, poundsterling Inggris melemah 0,04 persen, dolar Australia melemah 0,17 persen, dan dolar Kanada melemah 0,09 persen.

Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan rupiah akan stabil dengan kecenderungan menguat pada perdagangan hari ini karena didukung oleh data pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sementara, dolar AS diperkirakan akan melemah.

“Ekspektasi suku bunga mereda dengan turunnya imbal hasil obligasi AS setelah survei menunjukkan ekspektasi inflasi konsumen AS menurun. Pelaku pasar menantikan data inflasi AS besok,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, ia memprediksi rupiah bergerak dalam rentang support Rp14.800 dan resistance Rp14.950 per dolar AS.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *