Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Tiga Negara di Asia Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo kembali ke tanah Air usai melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di kawasan Asia Timur.

Bersama rombongan, keduanya kembali ke Tanah Air hari ini, Jumat dini hari, 29 Juli 2022 pada pukul 2 dini hari di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, usai penerbangan selama lebih kurang tujuh jam dari Seoul Airbase Seongnam, Korea Selatan.

Diketahui, kunjungan kerja Jokowi di Asia Timur mencakup tiga negara, yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Korea Selatan.

Sebagai informasi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pada kunjungan kali ini Indonesia telah berhasil memperkokoh kerja sama ekonomi dengan ketiga negara di kawasan Asia Timur tersebut.

Menurut Retno, kepercayaan baik pemerintah maupun swasta dari ketiga negara tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat kuat.

“Pendekatan kerja sama yang dibangun Indonesia selalu berdasarkan pada kerja sama yang terbuka, inklusif, dan saling menguntungkan. Kepercayaan pemerintah dan swasta dari tiga negara tersebut terhadap stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangatlah kuat,” kata Retno di Seoul, Korea Selatan, Kamis 28 Juli 2022.

Apresiasi dari Tiga Pemimpin Negara

Retno juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi mendapatkan apresiasi dari pemimpin ketiga negara tersebut atas kontribusinya bagi perdamaian dan permasalahan global.

Meski di tengah situasi dunia yang penuh dengan rivalitas, Indonesia tetap memperkuat kerja sama dengan negara-negara di dunia.

Di tengah situasi dunia yang dipenuhi rivalitas dan upaya containment, Indonesia justru memperkuat rajutan persahabatan dan kerja sama konkret dengan negara-negara dunia. Upaya ini akan terus dilakukan,” Retno menutup.

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Terpantau

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *