Biden dan Xi Jinping Sepakat Lakukan Pertemuan Tatap Muka

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping sepakat menjadwalkan pertemuan tatap muka. Kesepakatan mereka capai saat berkomunikasi lewat telepon yang berlangsung selama 2 jam 17 menit pada Kamis (28/7) kemarin.

Meskipun komunikasi kali ini adalah panggilan telepon atau video kelima mereka sejak Biden menjabat jadi presiden AS pada satu setengah tahun yang lalu, pertemuan tatap muka itu akan menjadi pertemuan langsung pertama mereka sebagai pemimpin.

Tidak ada detail yang diberikan tentang waktu atau lokasi pertemuan.

“Biden dan Xi sudah membahas rencana pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya,” kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim seperti dikutip dari AFP, Jumat (29/7).

Sementara itu selain membahas rencana pertemuan tatap muka, dalam komunikasi lewat telpon itu, Xinhua melaporkan Xi menyampaikan ‘kata-kata kasar’ tentang kebijakan AS terhadap Taiwan,

“Mereka yang bermain api pada akhirnya akan terbakar,” kata Xi seperti dikutip Biden, mengulangi bahasa yang dia gunakan ketika mereka berbicara November lalu.

“Saya harap pihak AS sepenuhnya memahami itu,” tambahnya.

Ketegangan di sekitar Taiwan terus meningkat di tengah kekhawatiran bahwa Xi pada akhirnya dapat memerintahkan invasi untuk memaksakan aturan Beijing di daerah tersebut.

Ketegangan makin menjadi setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi dikabarkan mengunjungi Taiwan dalam waktu dekat ini.

Meskipun pejabat AS sering mengunjungi Taiwan, Beijing menganggap perjalanan Pelosi sebagai provokasi besar. Pasalnya, Pelosi masuk daftar urutan kedua sosok yang pentng di AS.

Karena posisi itu, dia dapat bepergian dengan transportasi militer.

Washington akan “menanggung konsekuensinya” jika perjalanan itu dilanjutkan, China memperingatkan Rabu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *