Penjabat Presiden Sri Lanka Minta Parlemen Calonkan Perdana Menteri Baru

Pada hari dia ditunjuk sebagai penjabat Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe meminta ketua parlemen untuk mencalonkan perdana menteri baru. Ini diutarakan setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur dari Sri Lanka.

“Penjabat Presiden dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe telah memberi tahu Ketua Mahinda Yapa Abeywardena untuk mencalonkan seorang perdana menteri yang dapat diterima baik oleh pemerintah maupun oposisi,” kata tim media Wickremesinghe dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Kamis 14 Juli 2022.

Sebelumnya pada hari itu, Wickremesinghe ditunjuk sebagai penjabat presiden ketika ribuan pengunjuk rasa menuntut dia dan Rajapaksa mundur.

“Karena ketidakhadirannya dari negara, Presiden Rajapaksa mengatakan, kepada saya bahwa dia telah menunjuk perdana menteri untuk bertindak sebagai presiden sesuai dengan konstitusi,” kata Mahinda Yapa Abeywardana sebelumnya dalam sebuah pernyataan singkat yang disiarkan televisi.

Rajapaksa melarikan diri dari negara itu pada Rabu 13 Juli, beberapa jam sebelum dia dijadwalkan untuk mundur. Kaburnya Rajapaksa terjadi setelah pemberontakan rakyat atas krisis ekonomi yang menghancurkan mengakhiri cengkeraman kuat keluarganya di negara pulau itu.

Kemudian pada hari yang sama, Wickremesinghe mengumumkan keadaan darurat dan jam malam dengan segera karena beberapa ratus orang yang menuntut pengunduran dirinya mengepung kantornya di Kolombo.

Polisi menembakkan beberapa gas air mata dan sebuah helikopter militer berputar sebentar di atas kepala. Tetapi para pengunjuk rasa tampak tidak terpengaruh.

Pelarian presiden mengakhiri kekuasaan klan Rajapaksa yang kuat yang telah mendominasi politik di negara Asia Selatan itu selama dua dekade terakhir.

Protes terhadap krisis ekonomi telah membara selama berbulan-bulan dan memuncak akhir pekan lalu ketika ratusan ribu orang mengambil alih gedung-gedung penting pemerintah di Kolombo. Mereka menyalahkan Rajapaksa dan sekutu mereka atas inflasi yang tak terkendali, korupsi dan kekurangan bahan bakar dan obat-obatan.

Sumber dan pembantu pemerintah mengatakan, saudara laki-laki presiden, mantan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa dan mantan Menteri Keuangan Basil Rajapaksa, masih berada di Sri Lanka.

“Gotabaya Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya meninggalkan bandara internasional utama di dekat Kolombo dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka pada Rabu pagi,” kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

Sebuah sumber pemerintah dan seseorang yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan dia berada di Male, ibu kota Maladewa. Presiden kemungkinan besar akan melanjutkan ke negara Asia lain dari sana.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *