Daftar Juara Tunggal Putra Wimbledon, Novak Djokovic Raih Titel Ketujuh

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, merengkuh gelar juara nomor tunggal putra ajang Wimbledon 2022.

Novak Djokovic menundukkan seterunya asal Australia, Nick Kyrgios, di partai final pada Minggu (10/7/2022) lewat skor 4-6 6-3 6-4 7-6(3).

Berkat keberhasilan menundukkan Nick Kyrgios di partai puncak, Novak Djokovic membawa pulang gelar ketujuh tunggal putra Wimbledon sepanjang kariernya.

Jika tidak menganggap edisi 2020 yang dibatalkan karena pandemi Covid-19 di Inggris, maka Djokovic terhitung meraih juara tunggal putra Wimbledon dalam empat edisi secara beruntun sejak 2018.

Tiga gelar juara tunggal putra Wimbledon milik Novak Djokovic lainnya, didapatkan pada edisi 2011, 2014 dan 2015.

Lantas, dengan raihan tujuh gelar juara tunggal putra miliknya, apakah Djokovic menjadi petenis dengan koleksi trofi tunggal putra terbanyak dalam sejarah Wimbledon?

Dihitung sejak diperbolehkannya para petenis profesional turun bertanding (open era) pada 1968, Roger Federer tampil sebagai pemilik gelar juara terbanyak Wimbledon.

Petenis asal Swiss itu telah mengoleksi delapan trofi Wimbledon.

Adapun raihan gelar beruntun milik Roger Federer, dicapainya pada gelaran Wimbledon dalam periode 2003 hingga 2007 lalu.

Selain lima gelar yang diperolehnya secara beruntun, Roger Federer juga keluar sebagai pemenang partai final nomor tunggal putra Wimbledon dalam tiga kesempatan berbeda yakni edisi 2009, 2012 dan 2017.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *