Agenda Timnas Indonesia Usai Tersingkir dari Piala AFF U19 2022: TC di Eropa

Timnas U19 Indonesia asuhan Shin Tae-yong berencana menggelar pemusatan latihan (TC) di Eropa usai tersingkir dari Piala AFF U19 2022.

Timnas U19 Indonesia telah menuntaskan semua pertandingan mereka di penyisihan Grup B Piala AFF U19 2022.

Pada laga terakhir yang menentukan kelolosan ke fase berikutnya, timnas U19 Indonesia melawan Myanmar.

Hasilnya, Garuda Nusantara menang telak 5-1 atas Myanmar dalam duel yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam WIB.

Kapten Muhammad Ferarri menjadi bintang kemenangan timnas U19 Indonesia berkat dua golnya pada menit ke-17 dan 32′.

Tiga gol timnas U19 Indonesia lainnya dibukukan oleh Arkhan Fikri (25′), Rabbani Tasnim Siidiq (34′) dan Ronaldo Kwateh pada menit ke-73.

Sayangnya, kemenangan meyakinkan ini tidak bisa membawa timnas U19 Indonesia ke semifinal Piala AFF U19 2022.

Timnas U19 Indonesia dipastikan gugur karena laga Grup A lainnya, Vietnam vs Thailand berakhir sama kuat 1-1.

Di klasemen akhir Grup A Piala AFF U19 2022, Indonesia, Vietnam, dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin.

Lantaran ada dua atau lebih tim yang memiliki poin serupa, penentuan peringkat ditentukan lewat head to head antara tim-tim yang terlibat. Jadi, Indonesia, Vietnam, dan Thailand, masuk klasemen mini Grup A.

Kriteria yang dipakai dalam klasemen mini tersebut secara berurutan adalah perolehan poin, selisih gol, dan agresivitas gol.

Hasil-hasil laga melawan Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam tidak dihitung dalam klasemen mini Grup A.

Secara poin, ketiga tim sama-sama mengoleksi dua poin karena semua laga yang melibatkan Indonesia, Vietnam dan Thailand berakhir imbang. Selisih gol pun serupa, yakni nol.

Setelah dua kriteria pertama tak bisa digunakan, agresivitas gol menjadi penentu posisi akhir Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

Timnas U19 Indonesia tidak mencetak satu gol pun ketika melawan Vietnam dan Thailand. Laga sama-sama berakhir dengan 0-0.

Sementara, Vietnam dan Thailand mencetak satu gol ketika mereka bertemu pada matchday terakhir Grup A Piala AFF U19 2022.

Agresivitas gol itulah yang membuat Indonesia tersingkir karena kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand di klasemen mini Grup A.

Ditarik ke klasemen akhir Grup A, Indonesia berada di peringkat ketiga. Sementara, Vietnam dan Thailand menempati posisi 1-2 secara berurutan dan berhak lolos ke semifinal Paial AFF U19 2022.

Setelah gugur di Piala AFF U19 2022, Indonesia berencana menggelar pemusatan latihan alias TC di Jakarta dan Eropa.

“Untuk TC berikutnya akan diadakan di Jakarta buat mempersiapkan turnamen AFC (kualifikasi Piala Asia U20,” ucap Shin Tae-yong dalam jumpa pers usai laga Indonesia vs Myanmar.

Turnamen terdekat yang akan dilakoni Indonesia adalah Kualifikasi Piala Asia U20 2023, yang akan digelar pada 10-18 September 2022.

Indonesia masuk Grup F dan bertindak sebagai tuan rumah. Garuda Nusantara akan bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

“Setelah itu, dengan adanya dukungan penuh dari Ketum PSSI, jadi kami akan berangkat ke Eropa. Mungkin ke dua negara pada awal September, 50 harian akan di Eropa,” ucap Shin Tae-yong.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

 

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *