Kepada Jokowi, PM Inggris Nyatakan Kehadiran di KTT G20

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan menghadiri pertemuan puncak G20 di Bali pada November mendatang. Ia memastikan kedatangannya dalam bilateral dengan Presiden Joko Widodo di sela KTT G7 di Elmau, Jerman.

“Saya sangat senang bertemu dengan Anda di sini,” kata Johnson saat bertemu Jokowi di ruang bilateral, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 28 Juni 2022.

“Saya ingin menyampaikan, saya senang untuk bertemu dengan Anda. Saya akan kembali menemui Anda pada November (KTT G20),” lanjut dia.

Seperti diketahui pertemuan puncak KTT G20 akan berlangsung pada November. KTT akan dilaksanakan di Bali.

Inggris menjadi salah satu negara yang cukup vokal dalam menyuarakan penolakan kedatangan pemimpin Rusia di KTT G20. Pada Maret lalu, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Rob Fenn mengatakan, mengundang Rusia hanya akan mempersulit presidensi G20 Indonesia tahun ini.

“Jadi, Rusia tidak memudahkan Presidensi Indonesia kali ini dengan menyerang negara tetangganya sendiri dan sebuah negara yang berdaulat. Dengan melanggar peraturan internasional dengan menyerang sebuah negara yang berdaulat,” kata Fenn.

Selain Johnson, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga mengindikasikan dirinya terbuka untuk mengambil bagian dalam KTT G20 November mendatang.

Scholz mengatakan bahwa kelompok ekonomi maju dan berkembang utama akan terus memainkan ‘peran besar’ dan kerja sama adalah kuncinya.

“Jerman karenanya akan tidak membombardir pekerjaan G20,” kata Scholz kepada televisi publik ZDF, seperti dikutip AFP.

Demikian juga, kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pada Minggu bahwa dia tidak mengesampingkan duduk di meja yang sama dengan Putin di G20.

“Penting juga untuk memberitahu dia secara langsung apa yang kita pikirkan tentang dia,” katanya.

“Dan kita harus hati-hati mempertimbangkan apakah kita ingin melumpuhkan seluruh G20,” katanya, memperingatkan bahwa blok itu adalah “platform yang terlalu penting” untuk dirusak.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *