Diundang Jerman, Presiden Jokowi Akan Hadir di KTT G7

Presiden Joko Widodo diundang ke KTT G7 di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022. Indonesia diundang dalam kapasitas sebagai salah satu negara mitra G7.

“Presiden RI mendapatkan undangan dari Ketua G7, Jerman untuk hadir dalam KTT G7 di Elmau pada 26-27 Juni 2022,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Rabu, 22 Juni 2022.

Anggota non-G7 yang diundang selain Indonesia di antaranya India, Senegal, Argentina dan Afrika Selatan.

Di sela KTT G7, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin. Menlu Retno mengatakan, presiden mendapat banyak sekali permintaan pertemuan bilateral.

Masalah pangan akan menjadi isu yang dibahas dalam KTT G7 nanti. “Isu pangan, energi dan keuangan akhir-akhir ini terus menjadi pembicaraan dunia,” kata Menlu Retno.

Pandemi Covid-19 hingga perang di Ukraina memberikan dampak besar bagi permasalahan dunia saat ini. Men Retno mengatakan, meskipun perang terjadi di Ukraina, namun dampaknya dirasakan di seluruh dunia.

Terlebih, sambung dia, posisi Ukraina dan Rusia dalam rantai pasok pangan dan energi global cukup penting. Alhasil, perang antar keduanya memicu kenaikan harga pangan di level global.

Berdasarkan catatan Organisasi Pangan Dunia (FAO), index pangan global meningkat hingga 16,08 persen pada Mei 2022 dibandingkan sebelum perang.

Menlu Retno menjelaskan, berbagai produk yang harganya melonjak sebagai imbas dari perang di antaranya daging, produk susu, sereal, minyak nabati dan gula. Lonjakan harga cukup parah dialami produk gandum, yakni sekitar 23 persen.

Tak hanya itu, harga pupuk global juga meningkat drastis. Menurut World Bank, harga pupuk global meningkat hingga 30 persen sejak awal 2022.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *