Anak Duterte Dilantik Jadi Wapres Filipina, Presiden Menyusul 30 Juni

Sara Duterte-Caprio, putri Presiden Filipina yang akan lengser, Rodrigo Duterte, dilantik menjadi wakil presiden, Minggu (19/6). Presiden terpilih Filpina, Ferdinand Marcos Jr, baru dilantik pada 30 Juni.

Reuters melaporkan bahwa Duterte-Caprio mengucap sumpah pengabdiannya di kampung halamannya di Davao didampingi kedua orang tuanya.

“Hari-hari mendatang mungkin penuh tantangan yang memaksa kita untuk lebih bersatu sebagai negara,” ujar Duterte-Caprio dalam pidato pelantikannya.

Meski sudah dilantik, masa jabatan Duterte-Caprio belum dimulai. Ia akan mulai bekerja sebagai wapres setelah Ferdinand Marcos Jr alias Bongbong dilantik menjadi presiden pada 30 Juni mendatang.

Duterte-Caprio dan Bongbong menang telak dalam pemilu pada bulan lalu. Berkat kemenangan besar ini, koalisi partai berkuasa dapat meraup banyak kursi, baik di parlemen maupun pemerintah lokal.

Selain isu kecurangan pemilu, popularitas keluarga Marcos dan Duterte disebut-sebut sangat berpengaruh dalam kemenangan besar paslon ini.

Seperti ayahnya, Duterte-Caprio sempat menjadi pengacara sebelum terjun ke dunia politik pada 2007 silam.

Ia pertama kali tancap gas di jalur politik ketika terpilih menjadi wakil wali kota Davao, mendampingi ayahnya yang kala itu menjabat sebagai wali kota.

Awalnya, ia tetap ini menjadi dokter setelah lengser. Namun kemudian, Duterte-Caprio melanjutkan kariernya di kancah politik pada 2010, saat ia menggantikan ayahnya menjadi wali kota Davao.

Kini, ia menjadi wapres Filipina, mendampingi Bongbong yang merupakan anak mantan diktator, Ferdinand Marcos. Tak hanya itu, Duterte-Caprio juga bakal memegang jabatan menteri pendidikan.

“Jika kita meluangkan waktu mendengarkan panggilan untuk melayani dan memutuskan untuk memenuhi panggilan itu, saya yakin negara ini akan berjalan menuju masa depan penuh harapan, keamanan, kekuatan, stabilitas, dan perkembangan,” katanya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *