Menkes: Kasus Covid-19 Bisa Tambah 20 Ribu per Hari Akhir Juli

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi penambahan kasus harian Covid-19 bisa mencapai 20 ribu kasus menjelang akhir Juli mendatang.

Budi mengungkapkan prediksi itu berdasarkan data di Afrika Selatan, negara pertama yang menemukan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

“Kita percaya bahwa nanti akan ada kenaikan maksimal 20 ribu per hari sebulan setelah diidentifikasi, minggu ketiga-minggu keempat Juli. Dan nanti akan turun kembali,” kata Budi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (16/6).

Budi menyampaikan saat ini Indonesia masih berstatus level satu berdasarkan asesmen Badan Kesehatan Dunia (WHO). Ia menyebutkan status Indonesia akan naik ke level dua setelah puncak penularan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Dia pun menegaskan pemerintah berupaya mengantisipasi peningkatan kasus. Ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menaati protokol kesehatan.

“Kita monitor ketat,” ucapnya.

Jumlah penambahan kasus Covid-19 di Indonesia meningkat. Pada Rabu (15/6), pemerintah melaporkan kasus positif Covid-19 bertambah 1.242.

Penambahan kasus itu merupakan yang tertinggi sejak 13 April 2022. Pemerintah mengatakan peningkatan jumlah kasus berkaitan dengan penemuan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Menurut catatan Kemenkes, saat ini kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 bertambah jadi 20.

Rinciannya di Bali ada 3 kasus yang merupakan WNA, 4 kasus dari DKI Jakarta, 1 kasus dari Banten, dan 12 kasus ditemukan di Jawa Barat.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *