Jokowi Terima Kunjungan Presiden Federal Jerman di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (16/6/2022). Kunjungan ini dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia Jerman yang terbentuk sejak 1952.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di Youtube Sekretariat, Presiden Steinmeiertiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.56 WIB, dengan diiringi arak-arakan pasukan berkuda serta musik kesenian tradisional. Jokowi pun langsung menyambut Presiden Steinmeier yang turun dari mobilnya, di halaman Istana Kepresidenan Bogor.

Keduanya berbincang sejenak dan saling menjabat tangan. Baik Jokowi maupun Presiden Steinmeier mengenakan setelan jas lengkap bewarna hitam serta kemeja putih.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dimana lagu kebangsaan Indonesia dan Jermam diperdengarkan. Setelah itu, Jokowi dan Presiden Steinmeier saling memperkenalkan delegasi masing-masing dari kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Wakil Menteri Liar Negeri Mahendra Siregar. Ada pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut hadir.

Selanjutnya, Jokowi mengajak Presiden Steinmeier masuk ke dalam Istana Kepresidenan Bogor untuk berfoto bersama dan melakukan pembicaraan di beranda Istana atau veranda talk. Suasana akrab mengiringi pertemuan kedua pemimpin negara itu.

Tampak Jokowi dan Presiden Steinmeier saling berbincang dan tertawa. Tak diketahui hal apa yang diperbincangkan hingga membuat keduanya tertawa cukup keras.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon bersama, yang merupakan agenda rutin dilakukan apabila ada pemimpin negara yang datang ke Istana Bogor. Adapun pohon yang ditanama yakni, Pohon Cendana.

Jokowi dan Presiden Steinmeier akan melalukan pertemuan tatap muka. Setelah itu, keduanya akan menyampaikan keterangan pers bersama.

Akan Kunjungi Jerman

Sebagai informasi, Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Republik Indonesia pada 15-17 Juni 2022.

Di ibu kota Indonesia, Jakarta, Presiden Steinmeier disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan untuk perbincangan politik. Selain itu juga akan bergabung dalam pertemuan dengan para pakar berbagai topik yang mencakup upaya Indonesia dibidang lingkungan hidup, iklim, dan energi.

Presiden Steinmeier juga akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk upacara peletakan rangkaian bunga di sana,” ujar pihak Kedutaan Jerman di Indonesia dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rabu (15/6/2022).

Dalam kunjungan ke Jakarta, Presiden Jerman juga diagendakan mengunjungi Deutsche Schule Jakarta (Sekolah Jerman Jakarta), dan berbincang dengan pelajar sejumlah sekolah yang tergabung dalam inisiatif PASCH (“Sekolah: Mitra menuju Masa Depan”) serta komunitas bisnis Indonesia dan Jerman di Pusat Industri 4.0 Indonesia.

Presiden Jerman kemudian akan bertolak ke Yogyakarta, mengeksplorasi warisan kebudayaan Indonesia.

“Presiden Steinmeier akan mengawali kunjungan ke Kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, untuk mengenal proses restorasi yang telah didukung oleh Jerman. Presiden juga akan berinteraksi dengan akademisi Universitas Gadjah Mada dan pelaku seni modern di Indonesia melalui pengenalan proyek seni kolektif “Monumen Antroposen” di Museum Nasional Jogja,” jelas pihak kedutaan.

Selain itu, beliau akan bertemu dan berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sri Sultan Yogyakarta Hamengkubawono X.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *