‘Jamal Khashoggi Way’ Diresmikan di Amerika Serikat

Jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington, Amerika Serikat (AS) pada Rabu, 15 Juni 2022 diubah. Kini jalan tersebut namanya menjadi Jamal Khashoggi.

Perubahan nama jalan ini karena para aktivis bersumpah untuk tidak pernah melupakan jurnalis yang terbunuh, sebelum rencana kunjungan Presiden AS Joe Biden ke kerajaan itu.

Pemerintah lokal ibu kota mengubah tanda di satu blok di depan kedutaan untuk membaca “Jamal Khashoggi Way” untuk menghormati jurnalis Saudi yang terbunuh di dalam konsulat kerajaan di Istanbul, Turki pada 2018.

“Jalan itu akan berfungsi sebagai pengingat terus-menerus, peringatan untuk memori Jamal Khashoggi yang tidak dapat ditutup-tutupi,” kata Phil Mendelson, presiden Dewan Distrik Columbia, dilamsir dari The National, Kamis, 16 Juni 2022.

Penggantian nama jalan ini dilakukan sehari setelah Gedung Putih mengumumkan bahwa Biden akan melakukan perjalanan bulan depan ke Arab Saudi dan bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Biden sebelumnya berjanji untuk menjadikan Arab Saudi sebagai ‘paria’ atas masalah hak asasi manusia. Tetapi beberapa masalah, termasuk melonjaknya harga bahan bakar minyak karena invasi Rusia ke Ukraina, telah membuat kalibrasi ulang hubungan tersebut.

Jamal Khashoggi Way adalah jalan terbaru yang diganti namanya di Washington sebagai sinyal politik. Sebelumnya, Kedutaan Rusia terletak di Boris Nemtsov Plaza, dinamai setelah politisi reformis yang terbunuh di dekat Kremlin pada 2015.

Upaya serupa untuk memberi nama alun-alun di luar kedutaan Tiongkok untuk Liu Xiaobo, penulis pemenang Hadiah Nobel dan aktivis demokrasi yang meninggal di penjara, gagal setelah ditentang keras oleh Beijing.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *