Jokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Kepulangan Jenazah Anak Ridwan Kamil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar (Kedubes) untuk membantu kepulangan jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz dari Swiss ke Indonesia.

Eril, sapaan anak Ridwan Kamil telah ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

“Saya sudah perintahkan kepada kementerian luar negeri, kepada dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia,” kata Jokowi kepada wartawan di Persemaian Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

“Dan kita harapkan, Insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” sambungnya.

Jokowi mengaku dirinya telah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil beberapa hari lalu, untuk menyampaikan duka cita atas wafatnya Eril. Dia pun bersyukur jenazah Eril sudah ditemukan.

“Saya sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, tapi alhamudillah sudah ditemukan,” jelas Jokowi.

Setelah lebih dari 14 hari menghilang, jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bendungan Engehalde, Wehrweg, Kamis (9/6/2022). Jenazah ditemukan sekitar 5 kilometer dari lokasi tenggelam.

Ridwan Kamil mengurus langsung jenazah putra sulungnya mulai dari memandikan hingga mengazani. Dia bersaksi bahwa jasad Eril masih dalam keadaan baik.

“Masyaallah walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun,” ujar sang Gubernur Jawa Barat di Instagramnya, Jumat (10/6/2022).

“Wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus,” ia menyambung pernyataan.

Penemuan Jenazah

Diberitakan sebelumnya, Rabu (8/6/2022), sekitar pukul 06.50 waktu setempat, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa berada di perairan di bendungan Engehalde, Bern.

Spesialis dari polisi maritim dari polisi Cantonal Bern menemukan jenazah di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

KBRI di Bern, Swiss, menyatakan bahwa jenazah Eril akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

“Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” jelas Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : BeritaSatu.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *