Jokowi Akan Tinjau Pabrik Shorgum dan Bagikan Bansos di NTT Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari ketiga di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/6/2022).

Dia dijadwalkan meninjau pabrik tanaman sorghum hingga membagikan bantuan sosial (bansos).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Irina mengawali rangkaian kunjungan kerja dengan menuju Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Kabupaten Ende untuk bertolak menuju Kabupaten Sumba Timur.

Setibanya di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju pabrik pengolahan hasil panen tanaman sorghum. Dia juga diagendakan untuk menanam sekaligus menyaksikan panen sorghum.

Setelah itu, Jokowi akan beranjak menuju Pasar Inpres Matawai untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial. Mulai dari, Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.

Siang harinya, Jokowi dan rombongan direncanakan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat RJ-85 melalui Bandara Umbu Mehang Kunda.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). Ini kali pertamanya pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila dilakukan di luar Provinsi DKI Jakarta.

Rayakan Hari Pancasila

Pada tahun sebelumnya, Upacara Hari Lahir Pancasila selalu dipusatkan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri.

Jokowi menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Ende NTT yang menerima kedatangannya serta Iriana dengan hangat. Dia menilai kehangatan inilah yang menjadikan Presiden pertama RI akhirnya merumuskan Pancasila.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khusunya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana dan seluruh rombongan. Sejak awal datang ke sini sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan usai menerima gelar adat dari masyarakat Ende.

“Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende, karena saya merasa beliau berada dalam kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya,” sambung dia.

Nonton Konser Slank dan Kla Project
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghabiskan malam terakhir di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menonton konser group band Slank, Rabu 1 Juni 2022 malam.

Adapun pagelaran musik itu bertajuk konser kebangsaan, membumikan Pancasila dari NTT untuk Nusantara.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, konser kebangsaan yang digelar di Stadion Marilonga Ende tersebut mengundang sejumlah musisi Indonesia untuk menghibur masyarakat. Salah satu musisi Indonesia yang hadir yaitu, Slank yang menyanyikan 17 lagu mereka.

Dengan mengenakan jaket berwarna merah berlogo G20, Jokowi hadir di stadion sekira pukul 21.25 WITA. Jokowi beserta Iriana menyapa masyarakat yang hadir sembari berjalan memasuki Stadion Marilonga.

Jokowi dan Iriana tampak menikmati alunan musik Slank. Sesekali, Jokowi menggerakkan kepala dan kakinya mengikuti irama lagu yang dimainkan.

Saat Slank menyanyikan lagu terakhir dalam konser tersebut, Jokowi tampak beranjak dari kursi menuju panggung utama untuk menyampaikan apresiasi atas penampilan mereka.

Dia juga menikmati penampilan dari Kla Project yang membawakan delapan lagunya.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *