Pemkot Yogyakarta Ikut Aturan Lepas Masker di Ruang Terbuka

Pemerintah Kota Yogyakarta menyatakan akan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melonggarkan aturan pemakaian masker di tengah penyebaran Covid-19.

“Ya, kalau sudah menjadi kebijakan pemerintah, ya kita juga kan terapkan untuk bisa membuka masker di area terbuka,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam keterangannya, Selasa (17/5).

Namun, Heroe menekankan batasan-batasan yang harus dipatuhi sesuai arahan Presiden Jokowi. Di antaranya, wajib mengenakan masker kecuali di area terbuka yang tidak padat manusia, serta bukan termasuk kategori lanjut usia (lansia) pemilik penyakit penyerta atau komorbid.

“Begitu juga bagi yang punya batuk dan pilek (wajib memakai masker). Dan di area tertutup dan kendaraan umum masih tetap harus menggunakan masker,” ujarnya.

Pihaknya meyakini masker masih menjadi alat pelindung diri di tengah penyebaran Covid-19. Selain itu, masker dianggap mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya maupun orang-orang di sekitarnya.

“Jadi diimbau misalnya sudah diizinkan tidak menggunakan masker di area terbuka, tetap diharapkan yang merasa nyaman pakai masker lebih baik dipergunakan itu lebih baik,” kata Heroe.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di ruang terbuka.

Hal tersebut diumumkan Jokowi dalam pernyataan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5) petang.

“Pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi seperti disiarkan langsung via saluran Youtube Sekretariat Presiden.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka boleh untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi.

Meski demikian Jokowi menekankan penggunaan masker tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

“Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas,” kata Jokowi.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *