Gelombang Panas, Suhu di India Capai 49 Derajat Celcius

Gelombang panas yang intens menyapu India utara dengan suhu mencapai rekor 49,2C (120,5F) di beberapa bagian ibu kota, Delhi. Ini adalah gelombang panas kelima di ibu kota sejak Maret.

Dilansir BBC, Senin (16/5/2022), pejabat di banyak bagian negara India itu telah meminta orang untuk mengambil tindakan pencegahan karena suhu akan tetap tinggi. Mereka memperingatkan panas dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi yang rentan, termasuk bayi, orang tua dan orang-orang dengan penyakit kronis.

Negara bagian Himachal Pradesh, Haryana, Uttarakhand, Punjab, dan Bihar secara khusus menyaksikan kenaikan suhu dalam beberapa hari terakhir, kata departemen cuaca India. Ia menambahkan bahwa suhu kemungkinan akan turun 2-4C di beberapa daerah tetapi mungkin tidak ada jeda dari panas yang hebat.

Gelombang panas yang parah telah membuang jutaan nyawa dan mata pencaharian di India utara musim panas ini.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Narendra Modi meminta kepala menteri negara bagian untuk menyusun rencana untuk mengurangi dampak panas ekstrem karena suhu naik lebih cepat dari biasanya.

Sementara gelombang panas biasa terjadi di India, terutama pada bulan Mei dan Juni, musim panas dimulai awal tahun ini dengan suhu tinggi dari bulan Maret, ketika gelombang panas pertama tiba.

Suhu maksimum rata-rata untuk bulan itu adalah yang tertinggi dalam 122 tahun.Pusat Sains dan Lingkungan, sebuah wadah pemikir, mengatakan bahwa gelombang panas awal tahun ini telah mempengaruhi sekitar 15 negara bagian, termasuk negara bagian Himachal Pradesh di utara, yang biasanya dikenal dengan suhu yang menyenangkan.

Faktor Atmosfer Lokal

Naresh Kumar, seorang ilmuwan senior di Departemen Meteorologi India (IMD), mengaitkan gelombang panas saat ini dengan faktor atmosfer lokal.

Yang utama adalah gangguan barat yang lemah – badai yang berasal dari wilayah Mediterania – yang berarti sedikit curah hujan pra-musim di India barat laut dan tengah. Antisiklon – area bertekanan atmosfer tinggi tempat udara tenggelam – juga menyebabkan cuaca panas dan kering di beberapa bagian India barat pada bulan Maret.

Para petani mengatakan lonjakan suhu yang tak terduga telah mempengaruhi panen gandum mereka, sebuah perkembangan yang berpotensi memiliki konsekuensi global karena gangguan pasokan akibat perang Ukraina.

Panas juga memicu peningkatan permintaan listrik, yang menyebabkan pemadaman di banyak negara bagian dan kekhawatiran akan kekurangan batu bara.

Modi juga menandai peningkatan risiko kebakaran karena meningkatnya suhu.

Musim Panas di India

Musim panas selalu melelahkan di banyak bagian India – terutama di wilayah utara dan tengah.

Bahkan sebelum AC dan pendingin air mulai terjual dalam jutaan, orang telah menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi panas – dari menjaga air tetap dingin di kendi tanah hingga menggosok mangga mentah di tubuh mereka untuk menangkal serangan panas.

Tetapi banyak ahli mengatakan India sekarang merekam gelombang panas yang lebih intens dan sering dengan durasi yang lebih lama. Roxy Mathew Koll, seorang ilmuwan iklim di Institut Meteorologi Tropis India, setuju bahwa beberapa faktor atmosfer telah menyebabkan gelombang panas saat ini.

Tetapi menambahkan semua itu, katanya, adalah pemanasan global.

“Itulah penyebab utama peningkatan gelombang panas,” katanya, seraya menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menghubungkan perubahan iklim dengan fluktuasi cuaca lain yang tidak terlalu ekstrem.

D Sivananda Pai, direktur Institute for Climate Change Studies, menunjukkan tantangan lain selain perubahan iklim – seperti peningkatan populasi dan ketegangan yang diakibatkan oleh sumber daya.Hal ini, pada gilirannya, mengarah pada faktor-faktor yang memperburuk situasi, seperti penggundulan hutan dan peningkatan penggunaan transportasi.

“Bila Anda memiliki lebih banyak jalan dan bangunan beton, panas terperangkap di dalam tanpa bisa naik ke permukaan. Ini menghangatkan udara lebih jauh,” kata Pai. Dan biaya dari peristiwa cuaca ekstrem seperti itu secara tidak proporsional ditanggung oleh orang miskin.

“Orang miskin memiliki lebih sedikit sumber daya untuk menenangkan diri serta lebih sedikit pilihan untuk tinggal di dalam, jauh dari panas,” kata Dr Chandni Singh, peneliti senior di Indian Institute for Human Settlements dan penulis utama di Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *