One Way Arus Balik Resmi Berakhir, Lalin Kembali Posisi Normal Harian

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan telah mempertimbangkan sejumlah hal sebelum menyetop skema rekayasa lalu lintas one way selama perpanjangan arus balik, Senin (10/5).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa sejak malam hingga dini hari tadi arus lalu lintas sudah mulai berkurang.

“Analisa dan evaluasi dari hasil pengamatan melalui peta digital dan CCTV serta laporan dari anggota di lapangan bahwa arus lalin telah berkurang dan pada posisi normal harian,” kata Dedi kepada wartawan, Senin (9/5).

Menurutnya, jika skema one way masih diterapkan maka potensi kecelakaan lalu lintas yang ditimbulkan menjadi tinggi. Pasalnya, volume kendaraan yang semakin berkurang berdampak pada tingkat kecepatan kendaraan melaju.

“Akan menambah kecepatan yang dimungkinkan akan terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kebijakan itu disetop per hari ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way pada arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Ia menyebutkan bahwa one way telah resmi berakhir sejak pukul 02.30 WIB. Polisi pun melakukan normalisasi dua jam sebelum kebijakan disetop.

“Arus dibuka untuk kedua arah,” kata dia.

Kepolisian sebelumnya memberlakukan sistem one way dari Gerbang Tol Semarang 442 hingga KM 66 Gerbang Tol Cikampek Utama untuk arus balik lebaran ke Jakarta.

Kemudian, sistem satu arah berlanjut dari KM 66 hingga KM 28, serta menerapkan sistem contraflow sehingga kendaraan yang menuju Bandung dapat melintasi Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu jelang malam.

Aparat kepolisian juga sempat menunda pemberlakuan one way jalur Tol Semarang-Jakarta karena arus kendaraan dari Jawa Tengah dan Jawa Barat melandai pada Minggu pukul 13.30 WIB.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : suara.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *