Pelabuhan Merak Padat, Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup Jalan

Polisi memberlakukan sistem buka tutup jalan pada wilayah Cikuasa Atas, Banten pada Rabu (27/4). Upaya itu dilakukan menindaklanjuti situasi antrean dan kepadatan menuju kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga mengatakan, situasi tersebut berdasarkan pantauan CCTV Biroops Polda Banten pukul 09.00 WIB hari ini.

“Pintu masuk dermaga 2 dan 3 terpantau ada penumpukan kendaraan yang mengantre untuk memasuki kapal. Pintu masuk menuju pelabuhan terpantau antrean kendaraan yang akan melaksanakan penimbangan muatan kendaraan,” kata Shinto kepada wartawan, Rabu (27/4).

Ia menyebutkan bahwa kepolisian menetapkan situasi lalu lintas di wilayah Banten dalam kondisi ‘Kuning’. Adapun, terdapat tiga skenario warna yang disiapkan oleh kepolisian dalam menghadapi arus mudik. Yakni, ‘Hijau’ lalu ‘Kuning’ dan terakhir ‘Merah.

Shinto meminta agar pengendara dapat bersabar dan mengikuti pengaturan rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh personel kepolisian.

Selain di wilayah Pelabuhan, Shinto mengatakan bahwa kepolisian juga melakukan penyekatan di Simpang Gerem lantaran situasi kendaraan yang padat. Upaya itu, kata dia, dilakukan agar tidak terjadi penumpukan.

Kemudian, pemantauan lain di ruas jalan arteri Kawasan KP3B terpantau dalam situasi landai kondusif. Situasi serupa juga terjadi di alun-alun Serang Kota, Simpang Perempatan Palima Serang, Simpang Carita, Alun-Alun Pandeglang, dan ruas jalan arteri lampu merah kawasan Cilegon.

Sementara, kata dia, situasi di wilayah Pasar Pandeglang terpantau ramai lancar.

Sebagai informasi, kepadatan di Pelabuhan Merak sudah mulai terjadi sejak kemarin malam. Hampir seluruh dermaga dipenuhi oleh kendaraan pribadi.

Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo mengatakan, proses bongkar muat kapal dipercepat sehingga dapat mengurangi antrean kendaraan pemudik.

Ia menyebutkan, salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah dengan menjadikan jalan Cikuasa atas sebagai kantong parkir kendaraan yang akan masuk ke dalam pelabuhan. Sedangkan Jalan Cikuasa Bawah, dijadikan jalan untuk kendaraan yang keluar dari dalam pelabuhan dan jalur aktivitas masyarakat setempat.

“Personel sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas. Jalan Cikuasa Atas kita jadikan kantong parkir untuk kendaraan menuju Pelabuhan Merak,” jelas dia.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *