Peringati Hari Kartini, Jokowi: Indonesia Selalu Lahirkan Perempuan Tangguh Tiap Zamannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa hormatnya kepada perempuan pada peringatan Hari Kartini. Menurut dia, Indonesia pada tiap zamannya terus memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini dengan versinya masing-masing.

“Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman Instagramnya, Kamis (21/4/2022).

Jokowi meyakini, kekinian setiap perempuan terus mengambil peranannya masing-masing untuk mendukung kemajuan bangsa. Tujuannya agar Indonesia bisa tetap kuat tegak berdiri.

“Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju,” ujar Jokowi.

Kartini adalah salah satu pahlawan nasional wanita yang paling berpengaruh di negara ini. Hari kelahirannya pada 21 April selalu diperingati sebagai titik balik perjuangan kelompok peremuan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Penetapan 21 April sebagai Hari Kartini tertuang Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964.

Ditetapkannya RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional mengingat jasa-jasanya dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Dia bertekad ingin memajukan pola pikir dan kesetaraan dalam hal mengenyam pendidikan bagi kaum wanita.

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *