Jam Buka Mal dan Restoran Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 22.00

Pemerintah memperpanjang jam operasional pusat perbelanjaan (mal) hingga restoran khusus untuk daerah yang masuk kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di luar Jawa-Bali.

Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA menambahkan kegiatan pada mal, restoran, rumah makan, dan kafe dapat beroperasi hingga pukul 22.00 waktu setempat, setelah sebelumnya maksimal hanya pukul 21.00.

Kendati waktu operasi diperpanjang, kapasitas warga tidak mengalami perubahan, yakni tetap 75 persen untuk daerah di PPKM Level 2.

“Untuk pengaturan jam operasional ada penyesuaian yaitu untuk jam operasional pusat perbelanjaan atau pusat perdagangan, dan tempat makan atau restoran kafe di Level 2 dapat beroperasi sampai dengan maksimal pukul 22.00 waktu setempat,” kata Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa (12/4).

Safrizal melanjutkan, pada aturan PPKM luar Jawa-Bali dua pekan lalu, pemerintah mengatur ketentuan vaksin covid-19 pada penonton pertandingan olahraga harus melampirkan hasil negatif PCR dan minimal sudah melakukan vaksinasi dua dosis.

Sementara pada aturan kali ini terdapat relaksasi pada jenis pemeriksaan covid-19. Terkini, seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, dan penonton yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 21 Tahun 2022 yang diteken oleh Mendagri M Tito Karnavian pada 11 April 2022, jumlah daerah yang berada di Level 1 meningkat dari 26 daerah menjadi 84 daerah. Begitu pula dengan jumlah daerah pada level 2, dari 250 daerah menjadi 259 daerah.

Sementara itu, daerah level 3 turun dari 110 daerah menjadi 43 daerah. Adapun, baik PPKM luar Jawa-Bali maupun daerah Jawa-Bali sudah tidak mencatat daerah yang masuk kategori PPKM Level 4.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *