Jokowi dan Para Gubernur Tanam Pohon di Titik Nol IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah gubernur yang hadir dalam prosesi Kendi Nusantara menanam pohon di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Berdasarkan siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, acara menanam pohon dilakukan usai prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia.

Prosesi penyatuan itu dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan ditutup dengan penyerahan tanah dan air oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Usai prosesi itu, Jokowi, beberapa menteri dan sejumlah gubernur beranjak ke lokasi yang dijadikan tempat penanaman.

Jokowi menanam Pohon Meranti Merah, sementara Ibu Negara Iriana Jokowi menanam Pohon Kamper. Adapun para kepala daerah, menanam pohon khas masing-masing daerah.

Seperti Papua yang membawa Pohon Matoa. Juru Bicara Gubernur Papua Lukas Enembe, Rifai Darus mengatakan Pohon Matoa merupakan spesies tanaman khas yang banyak tumbuh di Papua.

Jokowi juga akan berkemah di titik nol IKN pada Senin hingga Selasa (15/3). Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan acara digelar secara terbatas karena pandemi Covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : BeitaSatu.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *