1 April Malaysia Buka Perbatasan, Perhatikan Aturannya

Dua tahun setelah menutup perbatasan negara pada 18 Mei 2020, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengumumkan negaranya akan kembali dibuka mulai 1 April mendatang.

Dalam konferensi pers Selasa, 8 Maret 2022, Ismail menyampaikan pembukaan ini merupakan bagian dari fase “Transisi ke Endemi”. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga akan mencabut sejumlah peraturan terkait covid-19, seperti jam operasional bisnis, kapasitas karyawan kantor, juga kapasitas salat di masjid ataupun tempat ibadah lainnya.

Walau begitu, mengingat penyebaran varian Omicron di Malaysia dan internasional, warga Malaysia dan pengunjung dari luar negeri harus mengikuti beberapa protokol.

Protokol untuk Pengunjung dari Luar Negeri

Mulai 1 April nanti, orang dari luar Malaysia dengan dokumen perjalanan yang valid tidak perlu melakukan karantina, asal sudah mendapatkan vaksin lengkap.

Persyaratan bagi orang asing yang tadinya diharuskan mendaftar masuk ke Malaysia menggunakan aplikasi MyTravelPass, kini dicabut.

Sekarang hanya perlu mengunduh dan mengaktifkan aplikasi tracing MySejahtera. Formulir pra-keberangkatan dapat diisi melalui aplikasi tersebut.

Pelaku perjalanan luar negeri ke Malaysia harus tes RT-PCR (reverse transcription-polymerase chain reaction) covid-19 dua hari sebelum keberangkatan, dan RTK-Ag (rapid test antigen) dalam waktu 24 jam setelah kedatangan.

Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin menjelaskan dalam konferensi pers Rabu, 9 Maret 2022 bahwa pendatang yang tidak memiliki vaksin lengkap atau tidak divaksinasi wajib menjalani karantina lima hari setelah tiba di Malaysia. Durasi ini dipersingkat dari persyaratan yang berlaku saat ini, yakni 10 hari.

“Setelah mereka keluar dari karantina, setiap individu harus mematuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah Malaysia. Sebagai contoh, mereka tidak bisa makan di restoran jika mereka tidak divaksin lengkap,” kata Khairy, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis 10 Maret 2022.

Bagi pendatang yang tidak divaksin karena alasan kesehatan, wajib mengunggah bukti yang menyatakan pengecualian tersebut, seperti surat dokter, pada aplikasi MySejahtera.

“Pengecualian itu akan dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan untuk mengetahui keasliannya,” imbuhnya.

“Setelah evaluasi selesai dilakukan dan dipastikan keasliannya, mereka akan mendapatkan pengecualian kesehatan,” tambah Khairy.

Mereka yang ingin masuk Malaysia di pekan terakhir Maret akan dibebaskan dari karantina pada 1 April. Saat ini, pendatang yang sudah divaksin hingga booster diwajibkan karantina lima hari, sementara yang tidak divaksin melalui masa karantina tujuh hari.

Anak-anak dan remaja di bawah 17 tahun bebas dari karantina, terlepas dari status vaksinasi. Seperti pelaku perjalanan luar negeri lainnya, orang-orang di bawah 17 tahun tetap diwajibkan untuk RT-PCR sebelum keberangkatan dan RTK-Ag setelah kedatangan.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *