Sutradara Dune Kecam Oscar 2022 Tak Siarkan Langsung 8 Kategori

Keputusan The Academy tidak menyiarkan langsung delapan kategori Piala Oscar 2022 kembali menuai protes. Kali ini giliran sutradara Dune dan The Power of the Dog, Denis Villeneuve serta Jane Campion, yang menyuarakan kekecewaan mereka.

Dalam acara penghargaan Art Directors Guild (ADG) Awards, Villeneuve mengatakan kepada Deadline bahwa memberikan penghargaan sebelum acara resmi dimulai adalah sebuah ‘kesalahan’.

Ia kemudian menyatakan pembuatan film merupakan sebuah kerja tim, dan mengibaratkan itu sebagai suatu klub sepak bola.

Villeneuve juga menyinggung media sering mengaitkan pembuatan film dengan sutradara dan aktor. Sementara, banyak orang-orang yang bekerja dalam ‘bayangan’ juga perlu dilihat dan dikenal.

“Semua orang yang bekerja dalam bayang-bayang di sana [film], mereka perlu dilihat dan dikenali,” kata Villeneuve.

“Dan acara penghargaan ini dibuat untuk mereka.”

Jane Campion juga bergabung dalam percakapan di ADG Awards itu melalui panggilan video. Dia mengungkapkan pendapat senada dengan Villeneuve, khususnya untuk kategori Best Production Design.

Campion mengungkapkan penghargaan kategori Best Production Design seharusnya bisa masuk penghargaan utama. Sebab, desain produksi memegang peran penting dalam sebuah produksi film.

“Saya pasti akan memasukkan [kategori] desain di bagian utama penghargaan karena desain sangat vital,” kata Campion seperti dikutip dari Screen Rant, Minggu (6/3).

“Itu salah satu hubungan yang paling penting,” lanjutnya.

Sebelumnya, sutradara Guillermo del Toro juga mengecam keputusan Piala Oscar 2022. Ia mengungkapkan protesnya saat menerima piala Filmmaking Achievement Award dari the Hollywood Critics Association.

“Kami tidak membuat [film] sendirian, kami melakukannya bersama-sama,” kata Del Toro. “Dan orang-orang yang membuatnya bersama kami, mereka mempertaruhkan segalanya dalam pandemi.”

Beberapa waktu lalu, Academy Motion of Picture Arts and Sciences (AMPAS) atau The Academy mengumumkan bahwa delapan kategori Piala Oscar tahun ini tidak akan disiarkan langsung di televisi.

Kategori tersebut yaitu Documentary Short, Film Editing, Makeup and Hairstyling, Original Score, Animated Short, Production Design, dan Sound.

Keputusan ini menuai banyak kecaman, mulai dari para peraih nominasi yang dirugikan sampai dengan anggota organisasi itu sendiri.

Piala Oscar 2022 atau The Academy Awards ke-94 akan digelar pada 27 Maret di Dolby Theatre waktu AS. Malam penghargaan ini akan disiarkan di stasiun TV ABC dan dipandu oleh Regina Hall, Amy Schumer, dan Wanda Sykes.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *