Vaksinasi 71 Persen, Pemerintah Klaim Herd Immunity Tercapai

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim kekebalan komunal atau herd immunity sudah terbentuk di Indonesia, baik melalui antibodi tambahan yang didapatkan dari program vaksinasi Covid-19 maupun antibodi alamiah yang didapatkan oleh warga pasca terinfeksi Covid-19.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sekaligus menambahkan saat ini capaian vaksinasi dosis kedua di Indonesia sudah mencapai 71,23 persen. Herd Immunity sebelumnya dikatakan dapat tercapai apabila 70-90 persen masyarakat sudah memiliki kekebalan tambahan.

“Yang pasti dari survei sudah 86 persen masyarakat punya antibodi, dan dengan cakupan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70 persen dari sasaran 208 juta, pasti sudah ada kekebalan bersama [herd immunity],” kata Nadia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (8/3).

Nadia kemudian mengklaim perkembangan kasus virus corona di Indonesia mulai menunjukkan tren perbaikan selama sepekan pertama Maret 2022, lantaran jumlah penambahan kasus konfirmasi Covid-19 mulai menurun. Kendati demikian, jumlah kasus kematian mingguan masih menunjukkan peningkatan.

Untuk itu, Nadia meminta agar seluruh masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M Covid-19 baik di rumah maupun saat ke luar rumah. Di antaranya yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Sementara pemerintah bakal berupaya terus meningkatkan strategi surveilans testing, tracing, dan treatment (3T), serta mempersiapkan kapasitas rumah sakit dan jumlah tenaga kesehatan. Dan juga mengakselerasi program vaksinasi lengkap hingga dosis lanjutan atau booster.

“Kekebalan kelompok sudah terbentuk dan saat ini kita juga melakukan percepatan vaksinasi booster,” ujar Nadia.

Capaian vaksinasi per Senin (7/3) Pukul 18.00 WIB, tercatat sebanyak 192.134.689 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara itu, 148.347.458 orang juga telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang sudah menyentuh 92,25 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 71,23 persen.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *