Jumlah Korban Sipil Bertambah, Evakuasi Warga dari Mariupol Gagal Dilakukan

Bencana sipil meningkat di Ukraina ketika upaya untuk mengevakuasi penduduk kota pelabuhan Mariupol yang terkepung gagal untuk hari kedua berturut-turut pada Minggu 6 Maret 2022.

Penembakan dan serangan baru telah menyebabkan melonjaknya jumlah pengungsi yang melarikan diri, karena jumlah korban tewas terus meningkat. Kadang upaya evakuasi dilakukan di bawah desingan peluru.

Invasi Rusia ke Ukraina yang sekarang masuk hari ke-11, telah menyebabkan lebih dari 1,5 juta orang melarikan diri dari negara itu. PBB menyebutnya sebagai “krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II”.

Ratusan warga sipil telah tewas dan ribuan terluka, dengan ratusan ribu orang -,kebanyakan wanita dan anak-anak,- mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Polandia, Rumania atau Moldova untuk berlindung.

Upaya pada Sabtu untuk mengeluarkan orang dari Mariupol -,tempat terjadinya beberapa keganasan terbesar perang,- segera runtuh, dengan kedua belah pihak saling menuduh melanggar perjanjian gencatan senjata.

Seperti dilansir AFP, Senin 7 Maret 2022, upaya baru pada Minggu 6 Maret juga gagal, dengan pihak-pihak yang bertikai kembali bertukar tudingan.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan Kiev karena tidak menepati kesepakatan yang dicapai mengenai masalah kemanusiaan akut ini. Ini disampaikan Kremlin dalam keterangan usai telepon antara Presiden Rusia dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Tetapi gubernur wilayah timur Donetsk, Pavlo Kirilenko, mengatakan “kolom untuk mengevakuasi penduduk tidak dapat meninggalkan Mariupol karena pasukan Rusia mulai membombardir kota”.

Sangat sedikit pengungsi dari kota strategis di Laut Azov yang berhasil keluar pada hari Sabtu, tetapi satu keluarga – yang tidak menyebutkan nama mereka – tiba di pusat kota Dnipro dan menceritakan pengalaman mengerikan mereka.

“Kami tinggal di ruang bawah tanah selama tujuh hari tanpa pemanas, listrik atau internet dan kehabisan makanan dan air,” kata salah satu dari mereka.

“Di jalan, kami melihat ada mayat di mana-mana, orang Rusia dan Ukraina. Kami melihat orang-orang telah dikuburkan di ruang bawah tanah mereka.”

Sejak permusuhan meletus, adegan-adegan yang mengganggu dari pertempuran telah memenuhi media sosial. The New York Times memposting foto yang sangat mengerikan di situsnya yang menunjukkan apa yang dikatakannya adalah seorang ibu dan dua anak yang terbunuh oleh penembakan Rusia di luar Kiev.

Penetralan

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal mendesak negara-negara Kelompok Tujuh (G7) untuk mengusir Rusia dan Belarus dari Dana Moneter Internasional dan semua organisasi Bank Dunia untuk lebih mengisolasi Putin.

Sekutu Barat telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap bisnis, bank, dan miliarder dalam upaya untuk mencekik ekonomi Rusia dan menekan Moskow untuk menghentikan serangannya.

Tindakan hukuman lebih lanjut, termasuk kemungkinan larangan impor minyak Rusia, dapat dikenakan jika Putin gagal mengubah arah, para pemimpin dunia memperingatkan.

Para pejabat AS mengatakan pada Minggu bahwa mereka sedang dalam “diskusi aktif” dengan negara-negara Eropa tentang larangan semacam itu.

Namun pemimpin Rusia itu menyamakan sanksi global dengan deklarasi perang dan memperingatkan bahwa Kiev “mempertanyakan masa depan negara Ukraina”.

“Rusia akan mencapai tujuan netralisasi Ukraina baik melalui negosiasi atau melalui perang,” kata Putin kepada Macron dalam panggilan telepon mereka hari Minggu, kata seorang pejabat Elysee.

Sekutu NATO sejauh ini telah menolak seruan Ukraina untuk zona larangan terbang, dengan salah satu senator senior AS, Marco Rubio mengatakan, pada Minggu bahwa hal itu dapat menyebabkan “Perang Dunia III” melawan Rusia yang bersenjata nuklir.

“Putin telah mengancam konsekuensi kolosal dan bencana tidak hanya untuk Eropa tetapi juga seluruh dunia jika zona larangan terbang dibuat,” jelas Rubio.

Namun, dalam tanda terbaru bahwa sanksi itu menggigit, Moskow mengatakan pada Minggu bahwa pengecer di Rusia akan membatasi penjualan barang-barang penting termasuk roti, beras dan tepung untuk membatasi spekulasi pasar gelap.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *