Sanksi Ekonomi Terhadap Rusia Angkat Harga Minyak Dunia

Harga minyak di pasar internasional pada perdagangan Senin (28/2) sore atau Selasa (1/3) pagi WIB melonjak di atas US$100 per barel. Mengutip Antara Selasa (1/3), harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April tercatat naik US$3,06 atau 3,1 persen ke US$100,99 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April naik US$4,13 atau 4,5 persen ke US$95,72 per barel di New York Mercantile Exchange.

Analis menyebut kenaikan terjadi karena investor mulai memperhitungkan dampak sanksi ekonomi terbaru yang dikeluarkan sejumlah negara terhadap Rusia.

“Kenaikan harga yang mencolok disebabkan oleh sanksi yang dikenakan pada Rusia oleh Barat, yang kemudian diperketat lagi secara signifikan pada akhir pekan,” Carsten Fritsch, analis energi di Commerzbank Research.

Amerika Serikat bersama dengan Eropa dan sekutu lainnya, mengeluarkan pernyataan bersama pada hari Sabtu (26/2) yang mengatakan mereka akan menghapus beberapa bank Rusia dari Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) atau sistem pembayaran untuk sebagian besar transaksi keuangan internasional.

Kebijakan itu mereka lakukan sebagai tanggapan atas operasi militer yang dilakukan Moskow terhadap Ukraina.

“Langkah itu memicu kekhawatiran terhadap gangguan pada pasokan energi Rusia sehingga membuat harganya menguat,” kata Fritsch.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *