Sean Penn Datang ke Ukraina Garap Dokumenter Invasi Rusia

Aktor sekaligus sutradara Sean Penn saat ini disebut tengah berada di Ukraina untuk melakukan syuting dokumenter tentang invasi yang dilakukan Rusia.

Diberitakan Variety pada Kamis (24/2), dokumenter tersebut diproduksi oleh Vice Studios bekerja sama dengan Vice World News dan Endeavor Content.

“Sutradara [Sean Penn] secara khusus datang ke Kyiv untuk merekam semua peristiwa yang saat ini terjadi dan untuk memberi tahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negara kita,” kata Kantor Kepresidenan Ukraina melalui Kedutaan Ukraina dalam pernyataan resmi.

“Semakin banyak orang seperti itu [Penn]–teman sejati Ukraina, yang mendukung perjuangan untuk kebebasan–semakin cepat kita dapat menghentikan invasi keji oleh Rusia ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, Sean Penn sempat datang ke Ukraina pada November tahun lalu untuk mempersiapkan dokumenter ini dengan berkunjung ke markas militer mereka.

Pemerintah Ukraina juga menyebut Penn sebagai salah satu orang yang mendukung Ukraina dan berada di sana saat invasi mulai terjadi kemarin.

Sean Penn telah banyak terlibat dalam misi anti-perang dan kemanusiaan selama bertahun-tahun.

Dokumenter tentang dirinya berjudul Discovery Penn menceritakan upaya sang aktor dalam mendirikan organisasi nirlaba Community Organized Relief Effort (CORE).

Organisasi itu dibentuk untuk menjalankan misi kemanusiaan kepada warga Haiti setelah dilanda gempa bumi pada 2010 lalu. CORE juga mengerahkan tim untuk membantu penanganan Covid-19 dan vaksinasi di berbagai wilayah.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah menyatakan negaranya tengah berada dalam darurat militer dan menyebut Rusia menargetkan infrastruktur militer Ukraina.

Perang sudah pecah di beberapa wilayah di Ukraina setelah Putin mengumumkan operasi militer khusus di wilayah Donbas pada Kamis (24/2) pagi.

Ukraina dan Rusia saling klaim sudah menjatuhkan pihak lawan hingga Kamis siang waktu setempat. Sementara warga Ukraina dilanda kebingungan di tengah situasi mencekam.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *