Parlemen Ukraina Umumkan Darurat Nasional Respons Ancaman Invasi Rusia

Parlemen Ukraina pada Rabu (23/2) resmi memberlakukan keadaan darurat nasional terkait dengan ancaman invasi Rusia pascadukungan politik mereka terhadap dua wilayah di timur Ukraina.
Dikutip dari AFP, penetapan darurat nasional juga bertujuan membantu merespons dan menanggapi segala dukungan kepada merka terhadap ancaman invasi Rusia.

Langkah itu sangat disetujui pada hari yang sama ketika Moskow mulai mengevakuasi kedutaan besarnya di Kyiv dan Washington. Aksi negara pimpinan Vladimir Putin itu disebut-sebut sebagai sinyal dari mereka untuk meningkatkan peringatannya tentang kemungkinan serangan Rusia habis-habisan.

Di sisi lain, Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan bergabung dengan Jerman dalam menjatuhkan sanksi pada proyek pipa gas alam Nord Stream 2 Rusia sebagai pembalasan atas tekanan militer Moskow yang meningkat terhadap Ukraina.

Penargetan Nord Stream 2 – salah satu inisiatif geostrategis Rusia yang kaya energi – menambah sanksi Barat yang diumumkan oleh Amerika Serikat dan sekutu Eropa minggu ini terhadap dua bank Rusia dan sejumlah proyek lainnya.

Pipa tersebut rencananya hadir untuk menyalurkan gas alam Rusia ke Jerman di bawah laut Baltik — melewati rute darat saat ini yang melintasi Ukraina — Nord Stream 2 telah lama menjadi kontroversi. Itu sepenuhnya dibangun, tetapi belum digunakan.

“Saya telah mengarahkan pemerintahan saya untuk menjatuhkan sanksi pada Nord Stream 2 AG dan pejabat perusahaannya,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, setelah Jerman mengumumkan penghentian proyek tersebut pada Selasa.

Meskipun pipa tersebut dipandang sebagai cara yang efisien untuk memasok energi ke Uni Eropa, yang sangat bergantung pada Moskow, para kritikus mengatakan hal itu juga akan memperketat cengkeraman strategis Rusia di negara-negara Eropa, sementara dengan sengaja melemahkan Ukraina.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *