Vokalis Screaming Trees Mark Lanegan Meninggal Dunia

Penyanyi dan penulis lagu Mark Lanegan meninggal dunia di usia 57 tahun pada Selasa (22/2). Ia meninggal di rumahnya di Killarney, Irlandia.

“Teman kita tercinta Mark Lanegan meninggal pagi ini di rumahnya di Killarney, Irlandia,” tulis pernyataan keluarga lewat akun media sosial resmi musisi tersebut.

Diberitakan Variety, Selasa (22/2) waktu AS, Vokalis band grunge Screaming Trees dan kolaborator band Queens of the Stone Age itu sempat terpapar Covid-19 serta menderita penyakit ginjal pada tahun lalu.

Penyanyi yang juga dikenal dengan julukan Dark Mark ini pertama kali mencuat saat menjadi vokalis Screaming Trees sejak 1984.

Bersama band psychedelic grunge itu, penyanyi kelahiran 25 November 1964 ini merilis tujuh album studio dan lima album mini, sebelum akhirnya bubar pada 2000.

Selama menjadi vokalis, ia juga menjalani karier solo lewat album solo pertamanya, The Winding Sheet (1990) yang berlanjut ke album berikutnya seperti Whiskey for the Holy Ghost sampai Scraps at Midnight.

Setelah berpisah dengan Screaming Trees, Lanegan kemudian menjadi kolaborator untuk sederet musisi rock dan grunge.

Lanegan juga sering menjadi kolaborator Queens of Stone Age sampai 2014 lalu, bergabung dengan proyek album penyanyi Isobel Campbell, dan berkolaborasi dengan Greg Dulli dalam proyek The Gutter Twins pada 2003 sampai 2009.

Selain itu, Lanegan pernah berkolaborasi dengan musisi lain seperti Kurt Cobain dari Nirvana, Layne Staley dari Alice in Chains, dan gitaris Pearl Jam Mike McCready.

Pada 2017, ia meluncurkan buku berjudul I Am the Wolf: Lyrics & Writings yang berisikan kumpulan lirik yang ia tulis disertai dengan penjelasan serta anekdot.

Lanegan kemudian membuat dua memoar, yaitu Sing Backwards and Weep yang rilis pada 2020 dan Devil in a Coma setahun setelahnya.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Antaranews.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *