Jokowi Perintahkan Pemda Pusatkan Vaksinasi Booster di Pasar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar pemerintah daerah (pemda) mengutamakan program pemberian vaksin virus corona (Covid-19) dosis lanjutan atau booster pada daerah-daerah dengan interaksi masyarakat yang tinggi, seperti pasar atau pertokoan.

Jokowi juga meminta seluruh pemda terus mengkampanyekan agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Yang booster dikonsentrasikan saja di tempat-tempat yang interaksi masyarakat tinggi. Yang paling penting yang bisa disampaikan ke masyarakat, kuncinya memang ada di vaksin dan prokes, utamanya menggunakan masker, sampaikan itu,” kata Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di 17 provinsi secara virtual, Jumat (18/2).

“Mungkin di pasar atau di pertokoan yang interaksinya antar-masyarakat tinggi,” ujarnya menambahkan.

Jokowi mengatakan berdasarkan data Kementerian Kesehatan, mayoritas warga yang meninggal selama penyebaran varian Omicron ini berasal dari tiga kelompok.

Pertama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, kedua warga lanjut usia, dan ketiga warga yang belum menerima vaksinasi lengkap ataupun baru menerima satu dosis vaksin.

“Tidak ada yang sudah divaksin, rata-rata juga hanya terkena tapi kondisinya tanpa gejala atau ringan,” ujarnya.

Mantan wali Kota Solo itu juga meminta aparat TNI/Polri membantu pelaksanaan program vaksinasi di daerah-daerah, khususnya daerah yang belum juga mencapai target vaksinasi nasional bulan ini.

Jumlah capaian program vaksinasi virus corona booster baru mencapai 3,81 persen terhitung sejak pertama kali dimulai pada 13 Januari lalu. Berdasarkan data vaksinasi Kementerian Kesehatan per 17 Februari pukul 18.00 WIB, jumlah warga yang sudah menerima booster baru 7.932.444 orang.

Sedangkan target total keseluruhan warga yang mendapatkan booster berjumlah sebanyak 208.265.720 orang. Kendati demikian, Kemenkes menyebut program booster tidak bersifat wajib seperti pemberian vaksinasi primer dosis 1 dan 2, melainkan ajakan dan imbauan.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : SInarharapan.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *