Jokowi Bagikan SK Hutan Sosial hingga BLT di Sumut Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan membagikan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, SK Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), hingga membagikan bantuan langsung tunai di Sumatera Utara, Kamis (3/2).

Dari keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi mengawali agenda hari ini dengan menyeberang dari Pelabuhan Ambarita, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba. Dengan menumpangi KMP Kaldera Toba, Presiden dan rombongan lepas sauh sekitar pukul 08.00 WIB.

Dari Pelabuhan Ajibata, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Bandara Sibisa, Kabupaten Toba, untuk kemudian lepas landas menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju helipad Kantor Bupati Humbang Hasundutan.

“Di Kabupaten Humbang Hasundutan, Presiden diagendakan untuk melakukan penanaman pohon di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja. Tak jauh dari lokasi penanaman pohon, Presiden juga akan membagikan SK Hutan Sosial dan SK TORA,” demikian keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis (3/2).

Selepas acara, Jokowi bakal menuju Stadion Utama Sidikalang, Kabupaten Dairi. Di sana, ia akan menuju Lapangan Sudirman untuk menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

Mantan Wali Kota Solo itu juga direncanakan untuk membagikan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di Pasar Induk Sidikalang sebelum kemudian lepas landas menuju Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan, dengan menggunakan helikopter.

Sehari sebelumnya, Jokowi memantau perkembangan penataan Kampung Ulos Huta Raja, Samosir, Sumatera Utara, senilai Rp25,8 miliar. Dia berharap penataan kawasan seluas 16 ribu meter persegi itu dapat membantu upaya pemerintah menjaga serta melestarikan warisan pusaka Tanah Air.

“Semoga dengan revitalisasi ini konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/2).

Menurut Jokowi, penataan kawasan ini bermula saat kunjungannya tahun 2019 lalu. Saat itu, ia memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk menata kembali kawasan tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik.

“Terakhir saya ke sini, 2,5 tahun yang lalu saya ke sini dengan sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali,” ungkapnya.

Selain meresmikan Ulos Huta Raja, Jokowi juga meresmikan penataan kawasan Huta Siallagan, Samosir, agar menjadi destinasi wisata.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *