Pelatih Akui Timnas Indonesia Lemah dalam Tembakan Jarak Jauh

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengakui Timnas Indonesia punya kelemahan soal tembakan jarak jauh di Piala AFF.

Timnas Indonesia jadi tim paling produktif di gelaran Piala AFF lewat koleksi 18 gol. Namun gol-gol Timnas Indonesia lebih banyak tercipta di dalam kotak penalti.

Shin Tae Yong menyadari bahwa akurasi tembakan jarak jauh pemain-pemain Timnas Indonesia kurang memuaskan. Karena itu, 17 dari 18 gol yang bersarang ke gawang lawan lebih banyak berasal dari dalam kotak penalti.

“Pemain Indonesia tidak banyak yang punya kemampuan tembakan jarak jauh jadi saya memberikan instruksi agar lebih banyak umpan terobosan ke depan gawang.”

“Dan itulah cara terbaik saat ini. Lebih cepat menyerang untuk cetak gol. Jadi mungkin karena itu kita tidak banyak melakukan tembakan jarak jauh,” kata Shin Tae Yong dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV.

Gol tembakan jarak jauh Timnas Indonesia di ajang Piala AFF diciptakan oleh Pratama Arhan ke gawang Malaysia. Gol tersebut terbilang indah lantaran tembakan jarak jauh yang dilepaskan Arhan jatuh menukik tanpa bisa dihalau oleh kiper Malaysia.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF kali ini usai menyingkirkan Singapura dengan agregat 5-3. Di babak final, Indonesia bakal berhadapan dengan Thailand.

Indonesia sebelumnya sudah lima kali masuk final Piala AFF tanpa pernah sekalipun menjadi juara. Sedangkan Thailand adalah negara dengan koleksi gelar terbanyak lewat lima gelar juara.

Laga Indonesia vs Thailand akan berlangsung dalam format dua leg yaitu pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *