Bela Serbia di Piala ATP, Djokovic Tampil di Australia Terbuka?

Australia Terbuka sepertinya masih memungkinkan bagi petenis ranking satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic. Pasalnya, Djokovic resmi masuk ke daftar tim Serbia dalam kejuaraan beregu Piala ATP yang bakal dihelat di Sydney, Australia, 1-9 Januari mendatang.

Sebagaimana dikabarkan The Guardian, ATP (Asosiasi Tenis Putra Dunia) bahkan menempatkan Serbia sebagai unggulan pertama dalam kejuaraan tersebut. ATP menyebut bahwa Djokovic akan memimpin Serbia di grup A.

Kabar ini menjadi pembicaraan karena Djokovic sebelumnya diketahui tidak bakal tampil di Australia Terbuka 2022. Pasalnya, Djokovic menolak mengungkapkan status vaksinasinya sebagai syarat yang diajukan oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria sebagai wilayah di mana Australia Terbuka digelar.

Sementara itu, Piala ATP sendiri dilaksanakan di Negara Bagian New South Wales yang mengizinkan atlet seperti Djokovic masuk wilayah mereka tanpa divaksin. Syaratnya, Djokovic mesti melakukan karantina ketat selama 14 hari.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, sebenarnya memberikan kesempatan kepada petenis yang belum divaksinasi dengan memberikan opsi kepada pemerintah negara bagian untuk menerapkan kompensasi karantina. Namun, Pemerintah Victoria menolak mengambil pilihan tersebut.

Jika benar-benar belum divaksinasi, Djokovic paling telat mendarat di Sydney pada 16 Desember mendatang. Selepas itu belum diketahui apakah Djokovic bakal melakukan vaksinasi di Australia agar bisa turun di Australia Terbuka sebagai grand slam pembuka tahun.

Sikap Djokovic yang diketahui menolak vaksinasi telah membuka pembicaraan di dunia tenis sehubungan dengan Australia Terbuka. Bagaimanapun, Djokovic adalah aset penting yang berpengaruh terhadap Australia Terbuka sebagai “bisnis” grand slam.

Djokovic juga berpeluang memecahkan rekor grand slam terbanyak untuk kategori petenis putra di Australia Terbuka. Saat ini, Djokovic sudah mengumpulkan 20 gelar yang setara dengan koleksi dua rivalnya, Roger Federer dan Rafael Nadal, di jajaran rekor terbanyak.

Adapun Piala ATP akan digelar di Sydney Super Dome, Sydney, diikuti 16 negara yang terbagi dalam empat grup penyisihan. Serbia sendiri berada di grup A bersama Norwegia, Chile, dan Spanyol yang kali ini tidak diperkuat oleh Rafael Nadal.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *