Hong Kong Larang Kedatangan Warga Asing dari 13 Negara

Pemerintah Hong Kong telah melarang kedatangan warga dari empat negara Afrika atas kekhawatiran varian Covid-19 Omicron. Empat negara itu adalah Angola, Ethiopia, Nigeria dan Zambia

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 30 November 2021, Hong Kong kini memperluas larangan perjalanan itu untuk Australia, Austria, Kanada, Israel, dan enam negara Eropa dalam 21 hari terakhir.

Senin kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa varian Omicron terindikasi memicu risiko lonjakan kasus yang sangat tinggi di level global. Berbagai negara di seluruh dunia pun beramai-ramai memperketat atau bahkan menutup rapat perbatasan mereka.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin malam, Pemerintah Hong Kong mengatakan bahwa warga dari Angola, Ethiopia. Nigeria, dan Zambia tidak boleh masuk ke kota semi-otonom tersebut per hari Selasa ini.

Warga Hong Kong yang pulang dari empat negara itu masih diizinkan masuk, dengan catatan sudah harus divaksinasi dan wajib menjalani karantina tujuh hari di fasilitas pemerintah dan dua pekan tambahan di sebuah hotel dengan biaya sendiri.

“Warga non-Hong Kong dari empat negara tersebut tidak boleh masuk ke Hong Kong,” ujar pernyataan tadi malam.

Selain keempat negara itu, Hong Kong juga melarang masuk individu yang dalam 21 hari terakhir pernah berkunjung ke Australia, AUstria, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Israel, dan Italia.

Karantina tiga pekan di dalam hotel diwajibkan bagi warga Hong Kong yang pulang dari negara-negara tersebut.

Pekan lalu, Hong Kong telah menutup akses masuk bagi warga asing yang datang dari Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

Otoritas kesehatan Hong Kong telah mendeteksi tiga orang positif Omicron melalui pengujian wajib saat proses karantina. Namun sejauh ini, tidak terdapat kasus Omicron di tengah masyarakat umum Hong Kong.

Hingga kini, Hong Kong mencatat total 12.431 kasus positif Covid-19 dengan angka kematian mencapai 213. Sementara total 4.530.613 orang di Hong Kong telah divaksinasi secara lengkap.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *