OPEC+ Tolak Tingkatkan Produksi, AS Bakal Lepaskan 50 Juta Barel Minyak dari Cadangan

Amerika Serikat (AS) berencana melepaskan 50 juta barel minyak dari cadangan strategis dalam langkah terkoordinasi dengan Tiongkok, India, Korea Selatan, Jepang, dan Inggris. Langkah bersama itu untuk mendinginkan harga setelah produsen OPEC+ menolak permintaan untuk memompa lebih banyak minyak mentah.

Mengutip Channel News Asia, Kamis, 25 November 2021, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan itu setelah seorang sumber di Pemerintahan AS mengatakan Washington telah menyusun rencana dengan konsumen energi utama Asia untuk menurunkan harga dari mendekati level tertinggi tiga tahun. Inggris sebelumnya tidak disebutkan.

Presiden AS Joe Biden, menghadapi peringkat persetujuan yang rendah di tengah meningkatnya inflasi menjelang pemilihan kongres tahun depan, telah berulang kali meminta Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, untuk memompa lebih banyak minyak.

Tetapi kelompok tersebut telah menolak permintaan tersebut, karena anggota telah berjuang untuk memenuhi target yang ada guna peningkatan produksi dan di tengah kekhawatiran bahwa kebangkitan kasus virus korona sekali lagi dapat menurunkan permintaan.

Pelepasan dari Cadangan Minyak Strategis AS akan dalam bentuk penjualan pinjaman kepada perusahaan, yang harus mengembalikan minyak mentah di kemudian hari. “Ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat mengoordinasikan pelepasan dengan beberapa konsumen minyak terbesar dunia,” kata para pejabat AS.

Sekutu AS

Negara-negara OPEC+, termasuk sekutu AS di Teluk, bertemu lagi pada 2 Desember untuk membahas kebijakan tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda perubahan taktik untuk mengindahkan seruan AS.

Upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Washington bekerja sama dengan ekonomi utama Asia untuk menurunkan harga energi mengirimkan peringatan kepada OPEC dan produsen besar lainnya bahwa mereka perlu mengatasi kekhawatiran tentang harga minyak mentah yang tinggi, yang naik lebih dari 50 persen sepanjang tahun ini.

Sumber OPEC+, yang berbicara sebelum pertemuan kelompok di Desember, mengatakan rilis dari cadangan akan memperumit perhitungan OPEC+, karena memantau pasar setiap bulan. Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail Al-Mazrouei, salah satu produsen terbesar OPEC, melihat tidak masuk akal dalam meningkatkan pasokan UEA ke pasar global.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *