Dolar AS Melonjak Akibat Fed Diramal Perketat Kebijakan Lebih Cepat

Dolar AS melonjak secara luas pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB). Dolar mencapai tertinggi 16-bulan terhadap euro dan hampir lima tahun tertinggi terhadap yen Jepang, karena investor bertaruh bahwa Federal Reserve AS akan memperketat kebijakan moneter lebih cepat daripada rekan-rekannya.

Mengutip Antara, Kamis, 25 November 2021, pejabat Fed telah berkontribusi pada pandangan yang lebih hawkish bahwa Fed dapat bertindak lebih cepat untuk mencoba membendung kenaikan tekanan harga jika inflasi tidak moderat. Sementara ECB diperkirakan tetap lebih dovish karena pertumbuhan di wilayah tersebut tertinggal.

Beberapa pembuat kebijakan Fed mengatakan mereka akan terbuka untuk mempercepat penghapusan program pembelian obligasi mereka jika inflasi tinggi bertahan, dan bergerak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga, risalah pertemuan kebijakan terakhir bank sentral yang dirilis menunjukkan.

“Penguatan dolar adalah refleksi dari sikap dovish yang ditunjukkan oleh kepemimpinan ECB, versus sedikit lebih banyak perhatian yang ditunjukkan oleh The Fed terhadap inflasi, jadi karena itu mungkin ada sedikit perbedaan dalam kebijakan,” kata Ahli Strategi Pasar DRW Trading Lou Brien, di Chicago.

Presiden Fed San Francisco Mary Daly juga mengatakan bahwa dia dapat melihat kasus yang dibuat untuk mempercepat pengurangan pembelian obligasi oleh Fed. Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingannya naik 0,37 persen hari ini menjadi 96,853. Euro melemah 0,44 persen menjadi 1,1199 dolar AS.

Mata uang tunggal

Mata uang tunggal dirugikan oleh data yang menunjukkan semangat bisnis Jerman memburuk untuk bulan kelima berturut-turut pada November karena kemacetan pasokan di bidang manufaktur dan lonjakan infeksi virus korona mengaburkan prospek pertumbuhan ekonomi terbesar Eropa.

Dolar mencapai level tertinggi hampir lima tahun di 115,50 terhadap yen Jepang setelah data menunjukkan bahwa belanja konsumen AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada Oktober, sementara tekanan harga juga memanas selama bulan tersebut. Greenback mencapai level tertinggi tujuh bulan terhadap franc Swiss.

Dolar Selandia Baru turun ke serendah 0,6856 dolar AS, terendah sejak 23 Agustus, setelah bank sentral negara itu menaikkan suku bunga seperempat poin persentase menjadi 0,75 persen, mengecewakan beberapa pedagang yang memperkirakan akan menaikkan suku bunga setengah poin persentase. Pasar AS akan ditutup pada Kamis untuk liburan Thanksgiving.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *