Kepala BNPB Minta Semua Waspada Penularan Meningkat saat Libur Nataru

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto meminta seluruh pihak mewaspadai dan mengantisipasi dua momentum yang berpotensi meningkatkan penularan, yakni Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Hal itu dikatakan Suharyanto dalam Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, beberapa hari lalu.

Suharyanto menjelaskan, pada dua momen Natal dan Tahun Baru itu, biasanya masyarakat akan lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, sehingga berpotensi terjadi kerumunan, diikuti dengan peningkatan kasus aktif Covid-19. Bahkan, lanjut dia, Indonesia belum pernah melewati momen Natal dan Tahun Baru dengan indeks kasus Covid-19 yang rendah.

“Sejak pandemi Covid-19, yang namanya Natal dan Tahun Baru, kita belum berhasil melewatinya tanpa kenaikan kasus. Mudah-mudahan untuk tahun ini kita bisa berhasil. Kalaupun ada peningkatan tapi tidak terlalu drastis dan segera dapat diatasi,” ujar Suharyanto.

Data Satgas Covid-19 memperlihatkan, dalam periode 2020, selain perayaan Natal dan Tahun Baru, persentase kenaikan kasus Covid juga terjadi setelah libur panjang, seperti libur Idul Fitri, libur Hari Kemerdekaan, dan libur Maulid Nabi.

Pada 2021, Indonesia dihantam gelombang kedua usai momen Idul Fitri 2021, yang berbarengan dengan masuknya varian Delta.

Guna mengantisipasi potensi kenaikan kasus dari dua faktor tersebut, Suharyanto ingin seluruh pihak terus mematuhi protokol kesehatan dan segera mengikuti vaksinasi. Kedua hal itu dipercaya sebagai upaya terbaik mencegah penularan Covid-19.

“Jadi protokol kesehatan ini terus dijaga. Jangan sampai nanti muncul klaster lagi,” ujar Suharyanto.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Suharyanto juga meminta Pemerintah Provinsi Kalteng untuk tanggap mengantisipasi kehadiran varian AY.4.2 yang merupakan mutasi virus corona. Saat ini, varian tersebut sudah terdeteksi di Singapura dan Malaysia.

“Varian AY.4.2 sudah mulai masuk ke Malaysia. Ini yang harus kita antisipasi. Negara-negara di Eropa kasus Covid-19 sudah naik,” kata Suharyanto yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *