Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Afghanistan

Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-1 dari Afghanistan dalam laga uji coba di Stadion Gloria Antalya, Turki, Selasa (16/11) malam WIB.

Tim Merah Putih nyaris unggul 1-0 di laga ini pada menit ke-9. Umpan terobosan dari Dedik Setiawan mampu dijangkau Witan Sulaeman tetapi tendangannya dari jarak dekat berada tipis di sisi kiri gawang kiper Afghanistan.

Peluang kembali didapat Timnas Indonesia kali ini melalui Dedik pada menit ke-23. Umpan pendek yang disodorkan Witan Sulaeman diakhiri oleh Dedik dengan tendangan dari dalam kotak penalti namun masih melebar di sisi kanan gawang lawan.

Mendekati 15 menit akhir babak pertama, Afghanistan memiliki beberapa peluang untuk memberikan ancaman ke gawang Muhammad Riyandi. Namun, disiplinnya pertahanan Timnas Indonesia yang digalang Fachrudin Aryanto dan Elkan Baggott mampu mementahkan upaya Afghanistan untuk mencetak gol.

Kondisi ini membuat tidak ada gol yang tercipta hingga akhir babak pertama laga uji coba Timnas Indonesia vs Afghanistan.

Di awal babak kedua permainan Timnas Indonesia agak kurang meyakinkan. Umpan yang tidak akurat beberapa kali dlakukan oleh Evan Dimas dkk.

Shin Tae Yong memasukkan tiga pemain pada menit ke-62. Irfan Jaya, Kadek Agung, dan Ezra Walian dimasukkan menggantikan Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, serta Dedik Setiawan.

Semenit berselang, Afghanistan memiliki peluang untuk mencetak gol. Faystal Shayesteh coba melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang tetapi bisa diblok oleh Asnawi Mangkualam.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang pada menit ke-67. Umpan bola mati yang dikirimkan Kadek Agung mampu dijangkau Fachrudin tetapi sundulannya masih berada di atas mistar gawang Afghanistan.

Setelah itu Timnas Indonesia harus kehilangan Baggott yang mengalami masalah di bagian kepala. Masalah itu didapat Baggott usai berbenturan dengan pemain Afghanistan di area pertahanan tim Garuda.

Timnas Indonesia kemudian mendapatkan peluang terbaik di babak kedua. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan keras kaki kiri yang berada tipis di samping kanan gawang Ovays Azizi.

Ezra mendapatkan peluang pertama pada menit ke-74. Dari sudut yang terbilang sempit, penyerang Persib Bandung itu melepaskan tembakan keras yang masih bisa digagalkan Azizi.

Afghanistan mendapatkan dua peluang memasuki 10 menit terakhir babak kedua. Pemain pengganti, Noraollah Amiri dan Omid Popalzay punya kesempatan untuk mencetak gol tetapi eksekusinya masih belum membahayakan gawang Riyandi.

Upaya Afghanistan untuk mencetak gol membuahkan hasil pada menit ke-85. Miskoordinasi di pertahanan membuat Popalzay bisa membobol gawang Riyandi lewat sontekan dari jarak dekat untuk membuat skor jadi 1-0.

Jelang akhir babak kedua, Timnas Indonesia mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan melalui Ezra. Hanya saja eksekusi Ezra setelah melewati beberapa pemain lawan masih berada tipis di atas mistar gawang Azizi.

Peluang yang didapat Ezra jadi yang terakhir untuk Timnas Indonesia. Afghanistan bisa mempertahankan keunggulan untuk menang 1-0 atas Timnas Indonesia dalam laga uji coba ini.

Susunan pemain
Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas; Egy Maulana Vikri, Dedik Setiawan, Witan Sulaeman

Afghanistan (4-3-3): Ovays Azizi; David Ahmed Najem, Abassin, Alikhil, Adam Ahmed Najem, Sharif Mukhammad; Noor Husin, Milad Intezar, Farshad Noor; Fareed Sadat, Faysal Shayesteh, Abdul Najim Haidary.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *