Daftar Tim Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Italia Susul Portugal

Kejutan kembali terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Timnas Italia yang difavoritkan di Grup C gagal lolos langsung ke Qatar.

Nasib buruk itu diterima oleh timnas Italia karena bermain imbang 0-0 dengan Irlandia Utara pada laga pamungkas Grup C, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Berlaga di Stadion Windsor Park, Belfast, Gli Azzurri sebetulnya menguasai permainan sepanjang laga. Tercatat, pasukan Roberto Mancini mampu membuat 12 upaya ke arah gawang dan enam di antaranya tepat sasaran.

Hanya, eksekusi Gli Azzurri selalu berakhir buntu sehingga nihil gol dalam laga ini. Di sisi lain, hasil imbang ini juga tak terlepas dari penampilan gemilang kiper Irlandia Utara, Bailey Peacock-Farrell.

Mimpi timnas Italia ke Piala Dunia 2022 pun tercancam kandas karena Swiss berhasil menang pada laga Grup C lainnya. Adapun timnas Swiss menang telak 4-0 atas Bulgaria yang membuat mereka menggusur Italia di puncak klasemen Grup C.

Swiss lolos ke putaran Piala Dunia 2022 berkat torehan 18 poin, sedangkan Italia menjadi runner-up Grup C dengan raihan 16 angka. Situasi ini membuat timnas Italia harus melewati laga playoff demi lolos ke Qatar 2022.

Jawara Euro 2020 itu pun di ambang mengulangi mimpi buruk 2018 saat mereka gagal ke Piala Dunia. Bukan hanya timnas Italia, raksasa Eropa lainnya yaitu Portugal juga telah dipastikan harus melalui babak playoff.

Pasalnya, Portugal kalah 1-2 dari Serbia pada laga pamungkas Grup A, Senin (15/11/2021). Alhasil, Cristiano Ronaldo dkk mengakhiri Grup A sebagai runner-up (17 poin), sedangkan Serbia lolos setelah memuncaki grup (20 poin).

Babak playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa sendiri akan diisi oleh 12 tim nasional. Sebanyak 12 tim peserta, terdiri dari 10 tim runner-up kualifikasi dan dua tim jalur UEFA Nations League.

Sejauh ini, sudah ada sembilan tim nasional yang dipastikan harus melalui babak playoff (7 runner-up kualifikasi dan 2 jalur Nations League). Selain Italia dan Portugal, Swedia (Grup B), Skotlandia (Grup F), Rusia (Grup H), Polandia (Grup I), dan Makedonia Utara (Grup J) juga telah memastikan diri menjadi runner-up kualifikasi.

Artinya, ada tiga slot playoff lagi dari jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Grup D, Grup E, dan Grup G. Sementara, dua dua tim lain yang masuk ke playoff adalah Austria dan Republik Ceko/Wales melalui jalur UEFA Nations League karena memiliki poin terbaik di League B.

Timnas Republik Ceko dan Wales sendiri sama-sama penghuni Grup E di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Runner-up sementara Grup E adalah timnas Wales dengan raihan 14 poin, selisih tiga angka dari Republik Ceko di tempat ketiga.

Kondisi ini membuat runner-up Grup E masih akan diperebutkan Republik Ceko dan Wales pada laga pamungkas kualifikasi.

Kendati Republik Ceko atau Wales gagal menjadi runner-up, salah satu dari mereka tetap bisa masuk ke playoff lewat jalur Nations League.

Sebanyak 12 tim peserta playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan dibagi menjadi tiga bagan dan bertanding dalam format semifinal dan partai final satu leg.

Ketiga pemenang dari masing-masing bagan akan mendapatkan tiket ke Qatar 2022.

Undian babak playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa digelar di Zurich, Swiss, pada 26 November 2021. Pertandingan playoff sendiri dijadwalkan mulai pada 24 Maret 2022.

Enam runner-up grup kualifikasi teratas akan menjadi tim unggulan, sedangkan enam tim lainnya masuk pot non-unggulan.

Daftar negara Eropa yang lolos ke final Piala Dunia 2022:

Serbia (Grup A)
Spanyol (Grup B)
Swiss (Grup C)
Perancis (Grup D)
Belgia (Grup E)
Denmark (Grup F)
Kroasia (Grup H)
Inggris (Grup I)
Jerman (Grup J)
Daftar negara Eropa yang lolos ke playoff Piala Dunia 2022:

Portugal (Grup A)
Swedia (Grup B)
Italia (Grup C)
Skotlandia (Grup F)
Rusia (Grup H)
Polandia (Grup I)
Makedonia Utara (Grup J)
Republik Ceko/Wales (jalur UEFA Nations League)
Austria (jalur UEFA Nations League).

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *