Xavi Resmi Menggelar Latihan Perdana di Barcelona

Xavi Hernandez telah memimpin latihan perdananya seusai diperkenalkan sebagai pelatih anyar Barcelona.

Xavi Hernandez resmi diperkenalkan sebagai arsitek baru Barcelona pada Senin (8/11/2021).

Seusai diperkenalkan di hadapan publik, Xavi pun langsung memimpin latihan perdananya bersama klub Catalunya itu.

Pada sesi latihan itu, Xavi tampil dengan skuad Barcelona yang tidak lengkap karena beberapa pemain harus menjalankan tugas membela timnas negara masing-masing.

Menurut laman resmi Barcelona, sang legenda klub juga memanggil beberapa pemain yang membela Barca B dalam latihan perdana kemarin.

Pemain yang dipanggil Xavi dari Barca B untuk menghadiri sesi latihan itu adalah Comas, Mika Marmol, Alvaro Sanz, Ez Abde, Jutgla, Aranda, dan Ilias Akhomach.

Bukan hanya itu, petinggi klub juga dikabarkan hadir di kamp latihan Barcelona, Ciutat Esportiva, untuk menyambut kedatangan Xavi.

Adapun pemimpin Barcelona yang datang di sesi latihan itu adalah Presiden Barcelona, Juan Laporta, Rafa Yuste, Mateu Alemany, Jordy Cruyff, dan Ramon Planes.

Sesi latihan ini menandai kinerja pertama Xavi sebagai pelatih Barcelona menjelang duel melawan Espanyol pada Sabtu, (20/11/2021).

Xavi didatangkan ke Spanyol untuk menangani Barcelona yang sedang mengalami priode sulit dalam kiprah di awal musim ini.

Priode sulit yang dialami Barcelona tak lepas dari kepemimpinan pelatih asal Belanda, Ronald Koeman.

Bersama Koeman, Barcelona sulit menemukan performa terbaiknya. Klub raksasa Spanyol itu pun terseok-seok di pentas Eropa maupun domestik.

Di era Koeman, Barcelona kalah dua kali berturut-turut dari Real Madrid dan Rayo Vallecano.

Barca tumbang di tangan Madrid dengan skor 1-2 melalui gol yang dicetak oleh David Alaba (32’) dan Lucas Vazquez (90+4’).

Pada kekalahan ini, pihak klub masih mempercayai Koeman di kursi kepelatihan Barcelona.

Namun, kekalahan Barca dari tim semenjana, Rayo Vallecano, dengan skor tipis 0-1 membuat posisi Koeman terancam.

Barcelona pun akhirnya mendepak Koeman dari posisi pelatih tim utama.

Sebelum kedatangan Xavi di Barcelona, Sergi Barjuan ditugaskan sementara hingga proses kepindahan sang pelatih anyar selesai.

Barjuan sempat memimpin tiga laga Barcelona, yakni kala bersua Alaves dan Celta Vigo di Liga Spanyol dan Dynamo Kiev di Liga Champions.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *