Film Penyalin Cahaya Bakal Tayang 13 Januari 2022 di Netflix

Film Penyalin Cahaya akan tayang di layanan streaming dalam waktu dekat. Netflix Indonesia mengumumkan film terbaru dari Wregas Bhanuteja itu bakal tayang di platform tersebut pada awal 2022.
“Breaking News: Film Penyalin Cahaya bakal tayang 13 Januari 2022 di Netflix,” cuit @netflixid.

“Iya film yang dapat 17 nominasi di Festival Film Indonesia 2021 ini bakal jadi original Netflix berikutnya yang bisa kamu tonton tahun depan,” cuitnya dengan mengunggah potongan gambar film tersebut.

Dalam Busan International Film Festival (BIFF) 2021, film dengan judul internasional Photocopier ini masuk dalam kompetisi New Currents.

Dalam kategori itu, film tersebut bersaing dengan 10 film dari 9 negara lainnya memperebutkan penghargaan BIFF: New Currents Award, New Currents Audience Award, NETPAC Award, dan FIPRESCI Award.

Penyalin Cahaya berkisah soal Sur (Shenina Cinnamon) yang kehilangan beasiswanya karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas usai swafoto dirinya kala mabuk tersebar.

Sur tidak mengingat apa pun yang terjadi kala foto tersebut diambil saat pesta komunitas teater. Dalam pesta tersebut, Sur tidak sadar.

Sur kemudian meminta bantuan teman masa kecilnya, Amin (Chicco Kurniawan). Amin merupakan tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus. Keduanya bekerja sama mencari tahu kejadian yang sesungguhnya terjadi di balik foto tersebut.

Sebelumnya, sutradara Wregas Bhanuteja mendedikasikan film Penyalin Cahaya sebagai media untuk menyuarakan isu kekerasan seksual yang selama ini ditutup-tutupi banyak masyarakat Indonesia.

Ia memandang film adalah media komunikasi yang paling efisien untuk menyuarakan sebuah kegelisahan yang sedang terjadi di masyarakat, termasuk isu kekerasan seksual yang menjadi tema dalam film Penyalin Cahaya.

“Banyak sekali penyintas yang tidak mendapat keadilan, banyak penyintas yang memendam kisahnya karena lingkungan yang tidak support, seperti keluarga,” saat jumpa media pada September lalu.

Selain Shenina dan Chico, film ini juga dibintangi aktor muda dan senior lain. Di antaranya adalah Lutesha, Dea Panendra, Jerome Kurnia, Giulio Parengkuan, Lukman Sardi, Ruth Marini, Donny Damara, dan Yayan Ruhian.

Sementara itu, dalam Festival Film Indonesia (FFI), Penyalin Cahaya menjadi satu dari tiga film dengan raihan nominasi terbanyak.

Penyalin Cahaya mendapatkan 17 nominasi, seperti Film Cerita Panjang Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *