Panglima TNI Raih Penghormatan Tertinggi dari Australia

Pimpinan tertinggi TNI dianugerahi salah satu penghormatan tertinggi Australia pada upacara khusus yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia di Jakarta 26 Oktober 2021.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dianugerahi penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer). Penghargaan ini sebagai pengakuan atas tekad dan komitmen yang luar biasa terhadap hubungan pertahanan bilateral.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, mengatakan bahwa bintang penghargaan ini menghormati pencapaian cemerlang Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, termasuk peran integral beliau dalam mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara angkatan bersenjata Australia dan Indonesia.

“Penghargaan ini menyoroti pendekatan Marsekal TNI Tjahjanto melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral,” kata Duta Besar Williams, dalam keterangan tertulis Kedubes Australia.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menerima penghargaan dari Australia. Foto: Kedubes Australia

“Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah mendukung peningkatan kerja sama operasi gabungan, kelancaran dialog strategis terbuka tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan bersenjata kita,” ujar Dubes Williams.

Dubes Williams juga mengakui dukungan beliau sebagai teman dan mitra Australia pada saat dibutuhkan. Di bawah kepemimpinan Marsekal TNI Tjahjanto, 43 anggota Tentara Nasional Indonesia dan personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana dikerahkan untuk Operasi Bushfire Assist pada Februari 2020, dalam rangka membantu operasi pemulihan dan secara langsung mendukung warga Australia yang terkena dampak kebakaran hutan parah di negara bagian New South Wales.

“Marsekal TNI Tjahjanto telah berperan penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan profesional antara tentara, pelaut dan penerbang, dan perempuan di angkatan bersenjata kita,” ucap Duta Besar Williams.

“Saat Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (IKAHAN) merayakan hari jadinya yang ke-10, Marsekal TNI Tjahjanto menjadi contoh luar biasa bagi militer kita masing-masing tentang pentingnya memperkuat hubungan antar anggota, terutama dengan negara tetangga dekat seperti Indonesia dan Australia,” imbuhnya.

Order of Australia menghormati individu yang telah menunjukkan jasa atau pencapaian yang luar biasa. Jumlah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya sangat terbatas, dan yang dianugerahkan kepada pejabat asing sangat jarang.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *