Satgas Prokes PON Salurkan 7 Ribu Masker ke Jayapura

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang tergabung dalam Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX membagikan masker ke sejumlah sekolah dan tempat ibadah di Jayapura, Papua. Salah satunya, di SMP YPK Kotaraja sebanyak 2 ribu masker.

Supervisor Prokes Kota Jayapura Rus Nurhadi mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus merupakan kontribusi BNPB dalam penyelenggaraan PON XX, khususnya terkait penegakan disiplin protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, pembelajaran tatap muka (PTM) telah dimulai per Senin (11/10) lalu. Para siswa didorong untuk menjadi agen perubahan perilaku agar protokol kesehatan dapat dijalankan dengan disiplin.

“Bagi para siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan perilaku dengan ikut mengajak keluarga, teman dan orang di sekitarnya untuk tetap menjalankan prokes. Diharapkan para siswa dan guru saat melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung menerapkan prokes dengan selalu menggunakan masker,” ujar Rus Nurhadi saat penyerahan Masker di SMP YPK Kotaraja pada Selasa (12/10).

Kepala SMP YPK Kotaraja, Patanduk Biring, menyampaikan terima kasih atas atensi BNPB tersebut. Menurutnya, bantuan masker ini akan mendukung pencegahan penularan Covid-19 di sekolah.

Dia menjelaskan, dengan jumlah siswa SMP YPK mencapai 525 orang, pembelajaran berlangsung masing-masing hanya 2 mata pelajaran per hari selama 4 jam. Siswa yang hadir pun dibatasi 50 persen dari kapasitas kelas.

Pembelajaran tatap muka diberlakukan kembali harus dibarengi dengan prokes yaitu guru dan siswa menggunakan masker, menjaga jarak, dan pengecekan suhu. Hal ini sejalan dengan program pencegahan penularan Covid-19,” ujar Patanduk.

Pembagian Masker di Tempat Ibadah

Tak hanya di sekolah, BNPB juga mengadakan pembagian masker ke tempat ibadah, masing-masing seribu masker ke Gereja Bethel Indonesia, 2 ribu masker ke Gereja Kristen Indonesia Pniel, dan 2 ribu masker ke Masjid Al-Ihsan.

Dta posko Satgas Prokes PON XX Kota Jayapura terhitung sejak 26 September hingga 12 Oktober 2021 mencatatkan pembagian 514 ribu masker di Jayapura, dari total 1.842.395 masker yang sudah dibagikan di empat kabupaten/kota pelaksana PON XX Papua.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *