Siap-siap, The Fed Pangkas Pembelian Aset November 2021

Risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve Amerika Serikat AS (The Fed) menyepakati pengurangan program pembelian aset bank sentral pada pertengahan November dan Desember.

“Peserta mencatat bahwa jika keputusan untuk memulai pengurangan pembelian aset terjadi pada pertemuan berikutnya, proses tapering dapat dimulai dengan kalender pembelian bulanan yang dimulai pada pertengahan November atau pertengahan Desember,” tulis risalah tersebut, dikutip dari Antara, Kamis, 14 Oktober 2021.

Meski demikian, The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga acuan pada level terendah mendekati nol, sambil melanjutkan program pembelian aset setidaknya sebesar USD120 miliar per bulan hingga ekonomi pulih secara berkelanjutan.

Berdasarkan rencana yang dibahas bulan lalu, The Fed akan mengurangi USD80 miliar dalam pembelian obligasi per bulannya dan mengurangi USD40 miliar dalam pembelian sekuritas.

“Peserta umumnya berkomentar bahwa jalan ilustratif memberikan template langsung dan tepat, yang mungkin diikuti oleh pembuat kebijakan, dan beberapa peserta mengamati bahwa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada masyarakat umum tentang rencana di sepanjang garis ini dapat mengurangi risiko reaksi pasar yang merugikan terhadap moderasi dalam pembelian aset,” kata risalah tersebut.

Presiden Federal Reserve Bank St.Louis James Bullard mengatakan bahwa Fed yakin akan mengurangi stimulus moneter jika pandemi covid-19 terkendali sepenuhnya.

“Jika kita sampai pada titik di mana kita merasa nyaman di sisi kesehatan masyarakat bahwa pandemi sebagian besar sudah di belakang kita, dan tidak akan muncul kembali dengan cara yang mengejutkan, maka saya pikir kita bisa berbicara tentang menyesuaikan kebijakan moneter,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *