BNPB: Karhutla Seluas 7 Hektar di Bireuen Aceh Padam, Tak Ada Korban Jiwa

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, membenarkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

“Ya peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (10/10/2021), pukul 19.30 waktu setempat. Tidak ada korban jiwa,” kata Abdul melalui keterangan pers diterima, Rabu (13/10/2021).

Abdul menyatakan, berdasar informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), karhutla berdampak pada area seluas 7 hektar di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah. Informasi dari Kepala Dusun Mina menyebut, area terdampak terdiri dari lahan milik pemerintah seluas 2 hektar daerah dan sisanya milik masyarakat.

“Karhutla baru diketahui oleh warga pada saat api sudah membakar sekitar 1 hektar lahan kosong milik pemerintah daerah,” beber Abdul.

Abdul mengungkap, upaya pemadaman dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari personel BPBD Kabupaten Bireuen, Dinas Pemadam Kebakaran, TNI, Polri, masyarakat serta pelaku usaha setempat.

“Koordinasi dengan perusahaan dilakukan guna pembukaan akses jalan sehingga memudahkan kendaran pemadaman mencapai lokasi kebakaran,” jelas dia.

Abdul memastikan, berdasarkan Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Bireuen, titik api telah berhasil dipadamkan saat ini. Setelah titik api berhasil dimatikan, petugas gabungan melakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam.

“Petugas BPBD masih memutakhirkan total area terdampak pascapemadaman,” lanjut Abdul.

Pencegahan Karhutla

Abdul meminta, kepada pemerintah daerah perlu meningkatkan kesiapsiagaan, khususnya upaya pencegahan karhutla yang dapat meluas. Sebab, indikator cuaca wilayah Kecamatan Juli berpeluang cerah dimana dapat memicu kemudahan kebakaran.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, rekapitulasi sementara luas karhutla di Provinsi Aceh pada tahun ini mencapai 681 hektar.

“Menyikapi potensi karhutla di wilayah Aceh, pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Masyarakat bersama unsur terkait dapat melakukan patroli bersama untuk memantau atau mengantisipasi sejak dini karhutla yang mungkin terjadi,” Abdul menandasi.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *