Inggris Keluarkan RI dari Negara Daftar Merah Covid-19

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengizinkan lebih banyak negara untuk melakukan perjalanan bebas karantina di hotel. Salah satu negara yang diizinkan adalah Indonesia.

Selain Indonesia, warga negara dari Brasil, Meksiko dan Afrika Selatan juga tidak lagi harus dikarantina di hotel yang ditunjuk pemerintah selama 10 hari.

“Syaratnya adalah sudah divaksinasi penuh,” ucap Johnson, dilansir dari The Guardian, Minggu, 3 Oktober 2021.

Inggris memangkas negara yang masuk dalam daftar merah menjadi sembilan dari 54. Masuk bebas karantina ini akan dilakukan mulai akhir Oktober.

Perubahan ini akan diumumkan Kamis mendatang. Setelah pengumuman resmi dikeluarkan, kemungkinan akan menghasilkan lonjakan pemesanan maskapai dan perusahaan perjalanan yang bertekuk lutut selama pandemi.

Kebijakan karantina hotel Inggris untuk negara-negara berisiko lebih tinggi menelan biaya 2.285 poundsterling (setara Rp44,3 juta) per orang dewasa. Biaya yang mahal menghalangi para pelancong untuk datang ke Inggris.

Negeri Ratu Elizabeth itu berencana melonggarkan aturan perjalanannya mulai 4 Oktober mendatang dengan menghapus daftar kuning untuk negara berisiko menengah. Selain itu, mereka tidak akan lagi mengharuskan penumpang yang divaksinasi penuh ikut tes covid-19.

Pemerintah Inggris juga mengatakan, mulai akhir Oktober, wisatawan tidak lagi harus mengikuti tes PCR dua hari setelah kedatangan. Sebagai gantinya, mereka dapat memilih tes yang lebih murah.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *