Partai Berkuasa Jepang Pilih Pemimpin Baru Hari Ini

Partai berkuasa Jepang, Partai Demokratik Liberal (LDP), akan melakukan pemungutan suara dalam memilih pemimpin baru hari ini, Rabu, 29 September 2021. Pemimpin baru akan menggantikan Perdana Menteri Yoshihide Suga yang mendapat kritik tajam atas penanganan pandemi Covid-19 di Jepang.

Dilansir dari laman TRT World, pemilihan ketua LDP pada petang ini hanya melibatkan anggota parlemen dan anggota akar rumput partai tersebut. Hasil pemungutan suara akan diketahui dalam hitungan jam.

Siapapun yang menang dalam pemilu internal ini akan menjadi PM baru Jepang karena LDP merupakan kekuatan mayoritas di parlemen.

Menteri Vaksinasi Jepang Taro Kono dan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida disebut-sebut sebagai dua kandidat terdepan dalam pemilihan internal LDP. Terdapat dua kandidat perempuan yang juga ikut dalam bursa ketua LDP, yakni tokoh ultra-konservatif Sanae Takaichi dan sosok liberal Seiko Noda.

Takaichi disebut-sebut sebagai rival alternatif kuat karena telah mendapat dukungan dari pendahulu PM Suga, yaitu Shinzo Abe. Sementara Kono disebut-sebut sebagai tokoh terdepan karena dipandang sebagai sosok reformis yang juga populer di kalangan pemuda Jepang.

PM baru Jepang nantinya akan menghadapi berbagai tantangan berat, terutama seputar pandemi Covid-19. Ia juga harus dapat memastikan aliansi Jepang dengan AS tetap terjalin kuat di tengah meningkatnya risiko keamanan regional.

Tidak hanya itu, PM baru Jepang juga harus dapat mengubah reputasi LDP yang dalam beberapa tahun terakhir tercoreng karena berbagai isu.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Ulasan Berita

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *